Bimbingan melalui metode terapi realitas untuk mengubah pola pikir santri tentang Madrasah: Penelitian di Madrasah Al-Quran Bintulu Sarawak Malaysia

Latip, Abu Handalah (2019) Bimbingan melalui metode terapi realitas untuk mengubah pola pikir santri tentang Madrasah: Penelitian di Madrasah Al-Quran Bintulu Sarawak Malaysia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Pada zaman yang serba modern ini, terdapat berbagai pengaruh buruk yang dapat mempengaruhi sikap dan pola pikir seseorang individu. Lebih-lebih lagi dalam sebuah institusi pengajian, terdapat berbagai jenis latar kehidupan dan berbagai jenis pola pikir pelajar sama ada baik atau buruk. Akibat dari pengaruh buruk ini, juga telah mempengaruhi sikap dan pola pikir pelajar di sesebuah institusi pengajian. Bagi mengatasi masalah para pelajar, pihak institusi telah mengambil beberapa langkah dan mempersiapkan cara-cara untuk mengatasi sesuatu masalah dalam kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberkesanan bimbingan melalui metode terapi realitas untuk mengubah pola pikir santri tentang Madrasah Al-Quran Bintulu. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif santri masuk ke Madrasah Al-Quran Bintulu, untuk mengetahui pola pikir santri di Madrasah Al-Quran Bintulu, dan untuk mengetahui keberkesanan bimbingan melalui metode terapi realitas untuk mengubah pola pikir santri tentang Madrasah Al-Quran Bintulu. Sedangkan metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori terapi realitas dan pola pikir. Terapi realitas adalah terapi yang bersifat jangka pendek yang berfokus pada kondisi saat ini, mendorong individu untuk mengembangkan tingkah laku yang lebih realistik, dan menekankan pada kekuatan pribadi agar dapat mencapai kesuksesan. Hasil dari penelitian, pertama, menggambarkan motif santri masuk ke Madrasah Al-Quran adalah karena adanya dorongan dari orang tua dan keluarga, pengaruh rakan, pilihan terakhir, pengembangan potensi diri, dan peningkatan ilmu agama. Kedua, terdapat dua jenis pola pikir santri di Madrasah Al-Quran Bintulu yaitu pola pikir tetap (fixed mindset) dan pola pikir berkembang (growth mindset). Ketiga, bimbingan melalui metode terapi realitas untuk mengubah pola pikir santri tentang Madrasah Al-Quran Bintulu. Pihak madrasah menggunakan strategi WDEP dalam mengubah pola pikir santri di madrasah. Dengan cara ini telah terbukti dengan kejayaan santri-santri madrasah yang telah melanjutkan pembelajaran mereka di institusi pengajian tinggi dan alumni madrasah yang telah berjaya dalam kerjaya mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motif; Terapi Realitas; Pola Pikir;
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Abu Handalah Latip
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:25
Last Modified: 11 Sep 2019 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23631

Actions (login required)

View Item View Item