Pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap stress kerja pegawai: Studi pada pegawai sekretariat Daerah Jawa Barat

Pamungkas, Galih Triyulian (2019) Pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap stress kerja pegawai: Studi pada pegawai sekretariat Daerah Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Stress Kerja Pegawai dalam sebuah perusahaan atau dalam sebuah instansi dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu yang dapat mempengaruhi stress kerja yaitu lingkungan kerja, baik lingkungan kerja fisik maupun lingkungan kerja non fisik. Tak sedikit perusahaan atau instansi yang kurang memperhatikan lingkungan kerja pegawainya, baik itu lingkungan kerja fisik maupun lingkungan kerja non fisik. Akibatnya, pegawai yang bekerja pada perusahaan tersebut mengalami banyak hal saat dia melakukan pekerjaannya seperti cepat merasa bosan, tidak betah dengan pekerjaannya, hingga nantinya berujung pada munculnya stress kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik dari suatu instansi atau perusahaan terhadap stress kerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptik verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada pegawai di Sekretariat Daerah Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja pada Sekretariat Daerah Jawa Barat dengan jumlah 612 orang pegawai dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel simpel random sampling dengan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 86 orang pegawai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji linier berganda diketahui hasil uji parsial (uji t) untuk variabel lingkungan kerja fisik terhadap stress kerja pegawai diketahui t hitung sebesar 5,088 dengan t tabel diketahui sebesar 1,98. Kemudian hasil uji parsial (uji t) untuk variabel lingkungan kerja non fisik terhadap stress kerja pegawai diketahui t hitung sebesar 6,433 dengan t tabel diketahui sebesar 1,98. Selanjutnya hasil uji simultan (Uji F) untuk variabel lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik secara simultan terhadap stress kerja pegawai diketahui F hitung sebesar 21,208 dan F tabel sebesar 3,11, maka lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik secara simultan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stress kerja pegawai. Untuk hasil uji koefisien determinasi (r2) diketahui dengan hasil 0,338, maka kontribusi secara simultan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap stress kerja pegawai adalah sebesar 33,8% dan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lngkungan kerja fisik; lingkungan kerja non fisik; stress;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Galih Triyulian Pamungkas
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:02
Last Modified: 10 Sep 2019 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item View Item