Strategi Kelompok Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji : studi deskriptif KBIH At-Taqwa Kec. Babelan Kab. Bekasi

Suhaini, Heni (2017) Strategi Kelompok Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji : studi deskriptif KBIH At-Taqwa Kec. Babelan Kab. Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan atas setiap muslim bagi yang mampu menjalankannya, kewajiban ini merupakan rukun islam yang ke lima. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa yaitu merupakan suatu lembaga sosial islam yang bergerak dalam bidang bimbingan manasik haji terhadap calon jamaah haji maupun umrah, baik selama pembekalan di tanah air maupun pada saat ibadah haji berlangsung di tanah suci agar para calon jamaah dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan syariat islam. Peneliti ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji. (2) untuk mengetahui pelaksanaan program yang di berikan KBIH At-Taqwa terhadap calon jamaah haji. (3) untuk mengetahui hasil program KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji. Peneliti ini memakai teori Strategi Pelayanan sebagai proses penerapan ilmu untuk menyusun suatu rencana, mengimplementasikan program-program, dan menkoordinasikan aktivitas-aktivitas pelayanan demi berjalannya suatu tujuan agar tercapai dengan baik dalam suatu pelayanan. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode desdkriptif dengan pendekatan kualitatif adapun. Teknik pengumpulan data yaitu observasi: wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penemuan peneliti ini dapat diketahui bahwa Strategi Kelompok Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Jamaah Haji. adalah (1) Perencanaan KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji (a) Pelayanan ketika pendaftaran sampai mendapat tahun pemberangkatan (b) Pelayanan proses pelaksanaan ibadah haji dan umrah (c) Pelayanan pasca haji/kafillah (ikatan alumni). (2) Pelaksanaan program yang sudah ditetapkan oleh KBIH At-Taqwa sesuai kebutuhan dan dengan adanya programyang telah diberikan terhadap calon jamaah haji terutama bagi yang melaksanakan pertama kali. (3) Hasil program KBIH dalam pelaksanaan program KBIH At-Taqwa terutama dalam pembimbingan terhadap calon jamaah haji dan keluhan-keluahan kepada KBIH At-Taqwa, maka akan menghasilkan KBIH yang lebih baik lagi. Keberhasilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa dapat dilihat dari aspek kepuasan jamaah haji yaitu dari segi kualitas pelayanan KBIH At-Taqwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kelompok ibadah haji; calon jemaah haji
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:01
Last Modified: 10 Sep 2019 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23567

Actions (login required)

View Item View Item