Pengaruh rasio solvabilitas dan rasio likuiditas terhadap harga saham pada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Periode Tahun 2009-2017

Putri, Denny Hilda Eka (2019) Pengaruh rasio solvabilitas dan rasio likuiditas terhadap harga saham pada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Periode Tahun 2009-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Di pasar modal, terjadinya fluktuasi harga saham menjadikan bursa efek menarik bagi beberapa kalangan pemodal (investor). Namun harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Sehingga kinerja perusahaan atau prestasi perusahaan harus baik. Agar kinerja perusahaan dinilai baik maka laba yang diperoleh oleh perusahaan harus besar. Salah satu yang mempengaruhi besarnya laba perusahaan adalah hutang. Hutang tersebut dapat dianalisis dengan rasio likuiditas.dan rasio solvabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas terhadap harga saham pada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Penelitian ini diamati secara time-series, dengan menggunakan data periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2016. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu variabel dependen dan independen. Adapun variabel dependen nya adalah harga saham, dan variabel independen nya adalah rasio likuiditas dengan menggunakan Current Ratio dan rasio solvabilitas dengan menggunakan Debt to Equity Ratio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analitisverifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji F dengan siginifikansi (α) 5%. Penganalisaan data menggunakan software pengolahan data statistic yaitu IBM SPSS Statistics Version 21. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa tidak semua variabel independen berpengaruh pada variabel dependen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas berpengaruh namun berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham (sig 0,038<0,05), sedangkan variabel rasio solvabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham (sig 0,886>0,05). Secara simultan, hasil Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap harga saham (sig 0,024<0,05). Dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,773 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 77,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Likuiditas (Current Ratio); Rasio Solvabilitas (Debt to Equity Ratio); Harga Saham;
Subjects: Accounting > Elementary Level of Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: denny hilda eka putri
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:55
Last Modified: 09 Sep 2019 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23556

Actions (login required)

View Item View Item