Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap peningkatan kesadaran beragama personil Brimob: Studi kasus di Maku Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh

Rachmayati, Lia Aulia (2018) Pengaruh bimbingan rohani Islam terhadap peningkatan kesadaran beragama personil Brimob: Studi kasus di Maku Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai aparatur negara, personel Brimob mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga dan melindungi negara dan masyarakatnya. Dalam melaksanakan tugas sebagai Brimob tentu saja tidak menutup kemungkinan pasti mengalami batu sandungan salah satunya yaitu menggunakan wewenang jabatan untuk melakukan tindakan-tindakan yang kurang terpuji, hal ini menjadi alasan yang kuat dibutuhkannya layanan bimbingan rohani untuk meningkatkan kesadaran beragama personil Brimob, layanan Bimbingan Rohani Islam menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh. Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui proses Bimbingan Rohani Islam di Mako Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh, b) Hasil Bimbingan Rohani Islam di Mako Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh. Kesadaran beragama meliputi rasa keagamaan, pengalaman ke-Tuhanan, keimanan, sikap dan tingka laku. Keagamaan yang terorganisasi dalam sistem mental dan kepribadian. Karena agama melibatkan seluruh fungsi jiwa raga manusia, maka kesadaran beragama pun mencakup aspek-aspek afektif, konatif, kognitif dan motorik. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, karena bermaksud menggali mengungkapkan dan menganalisis proses Bimbingan Rohani Islam di Mako Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh: a) bimbingan rohani Islam di Mako Satuan Brimob Polda Jabar Cikeruh bisa dikatakan sudah sangat baik dengan persentase sebesar 84%, b) kesadaran beragama personil Brimob berada pada kategori tinggi dengan persentase 94%, hasil dari penelitian ini bahwa variable bimbingan rohani Islam mempunyai nilai p-value sebesar 0,021 karena 0,021 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif signifikan antara bimbingan rohani Islam terhadap peningkatan kesadaran beragama personil Brimob.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Kesadaran; Beragama; Brimob Jabar;
Subjects: Islam > Islam and Philosophy
Culture and Institutions > Police Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lia Aulia Rachmayati
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:41
Last Modified: 10 Sep 2019 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23553

Actions (login required)

View Item View Item