Pembelajaran challenge based learning berbasis android dalam upaya meningkatkan kemampuan representasi dan self directed learning matematis siswa: Penelitian eksperimen pada salah satu Madrasah Aliyah di Kota Bandung

Maulana, Moch Aldian (2019) Pembelajaran challenge based learning berbasis android dalam upaya meningkatkan kemampuan representasi dan self directed learning matematis siswa: Penelitian eksperimen pada salah satu Madrasah Aliyah di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya smartphone berbasis android banyak ditawarkan untuk menunjang kebutuhan kita, untuk itu perlu pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menjawab tantangan era globalisasi yang lebih mengedepankan teknologi informasi yang efektif, efisien dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis dan Self Directed Learning siswa terhadap penggunan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Peningkatan Kemampuan Representasi matematis siswa yang memperoleh Pembelajaran Challenge Based Learning berbasis Android lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Challenge Based Learning berbasis Android dan pembelajaran konvensional berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika berdasarkan kategori Tinggi, Sedang dan Rendah; (c) Tidak terdapat perbedaan peningkatan Self Directed Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Challenge Based Learning berbasis Android dan pembelajaran konvensional; (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan latihan-latihan soal non rutin. (e) Terdapat tanggapan siswa dengan kategori baik dalam pembelajaran berbasis android. Pembelajaran Challenge Based Learning berbasis Android menuntut siswa mengkonstruksi konsep, berinteraksi, dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan representasi dan Self Directed Learning matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android; challenge based learning; kemampuan representasi matematika;
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Moch Aldian Maulana
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:18
Last Modified: 09 Sep 2019 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item