Retorika Dakwah Ustadz Haikal Hasan Di Media Sosial Instagram @Haikalhassan_Quote

Astuti, Meri (2019) Retorika Dakwah Ustadz Haikal Hasan Di Media Sosial Instagram @Haikalhassan_Quote. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Meri Astuti : Retorika Dakwah Ustadz Haikal Hassan Dalam Media Sosial Instagram @haikalhassan_quote Retorika adalah seni dalam berkomunikasi melalui lisan yang di lakukan oleh seorang komunikator kepada sejumlah orang secara langsung melalui tatap muka. Retorika sering di istilahkan sebagai pidato. Ustadz Haikal Hassan di kenal dengan sebuan “Babeh” adalah seorang ustadz yang terkenal karena logat betawi khasnya. Sebagai konsultan dan motivator, sebagai pengemaban dakwah kepada umat khususnya kalangan yang sudah berkeluarga. Melihat dari gaya khasnya banyak sekali ketertarikan sebagai seorang da’i yang selalu berhasil membuat para jamaahnya tertawa. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana ethos Ustadz Haikal Hassan, bagaimana phatos Ustadz Haikal Hassan, bagaimana logos Ustadz Haikal Hassan. Pemilihan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Aristoteles menjelaskan tentang bahwa prinsip retorika terdiri dari ethos,phatos dan logos. Juga di dukung dengan teori Harold Lasswell menjelaskan who say what in channel to whom with what effect. Asumsi dasarnya adalah komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Bahwa pesan yang di sampaikan komunikator kepada komunikan melalui media yang di pilih akan menimbulkan efek tertentu. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, bertujan untuk menggunakan pesan atau isi yang tersirat dan tersurat dalam sebuah dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa prinsip retorika yaitu ethos dimiliki oleh Ustadz Haikal Hassan di lihat dari tingkat pendidikan akademis dan non akademis serta kegiatan yang beliau ikuti membuat masayarakt akan percaya dengan mudah atas apa yang beliau sampaikan. Prinsip retorika dari segi phatos adalah Ustadz Haikal Hassan mampu membuat orang yang melihat vidionya merasa sedih, senang, dan semangat. Bahkan beliau pun ikut larut dalam emosi bersama para jamaahnya. Prinsip retorika dari segi logos terlihat dari ceramah beliau yang selalu menggunakan analogi, menceritakan sejarah Islam, serta bahasan yang logis bagi para mad’unya sehingga mereka mengerti dan paham.. Kata kunci : Haikal Hassan, Retorika, Media Sosial .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Haikal Hassan; Retorika; Media Sosial Kata kunci : Haikal Hassan, Retorika, Media Sosial . Kata kunci : Haikal Hassan, Retorika, Media Sosial . Haikal Hasan, Retorika, Media sosial
Subjects: Systems
Systems > Theory of Communication and Control
Journalism and Newspapers in Indonesia
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Meri Astuti
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:29
Last Modified: 11 Sep 2019 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23489

Actions (login required)

View Item View Item