Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Alberta: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI kelas VII

Abdurrahim, Imaduddin (2019) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Alberta: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI kelas VII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri Alberta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri alberta dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran model inkuiri alberta dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah, (c) sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Inkuiri Alberta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-D dan VII-F SMP Laboratorium Percontohan UPI. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Alberta dan pembelajaran konvensional, (b) Terdapat perbedaan pencapaian pemahaman matematis dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM, (c) Sikap positip siswa dalam pembelajaran menggunakan model inkuiri alberta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman matematis;Inkuiri Alberta;Pengetahuan Awal Matematis;Sikap Siswa
Subjects: Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Imaduddin Abdurrahim
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:51
Last Modified: 10 Sep 2019 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item