Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT Mandom Indonesia Tbk Periode2008-2017

Fajar, Adha (2019) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT Mandom Indonesia Tbk Periode2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan investasi yaitu mengharapkan pengembalian (return), sehingga sebelum melakukan investasi diperlukan sebuah indikator dalam pengambilan keputusan investasi untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, salah satunya adalah Earning Per Share (EPS) yang merupakan jumlah laba yang menjadi hak untuk setiap pemegang satu lembar saham biasa. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya Earning Per Share (EPS) diantaranya adalah Net Pofit Margin (NPM) yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih pada tingkat penjualan tertentu; dan Price to Book Value (PBV) yang menandakan perbandingan antara harga saham dengan nilai buku perlembar saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Mandom Indonesia, Tbk; untuk mengatahui pengaruh Price to Book Value (PBV) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Mandom Indonesia, Tbk; dan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) secara simultan terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Mandom Indonesia, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi (Laporan IDX) PT.Mandom Indonesia, Tbk periode 2008-2017 yang dikeluarkan oleh BEI dalam website resminya yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan dengan koefisen determinasi sebesar 89,6%. Secara parsial Price to Book Value (PBV) berpengaruh tidak signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar 2,3%. Kemudian secara simultan, Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan oleh koefisien determinasi sebesar 91,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Price to Book Value (PBV); Earning Per Share (EPS).
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Data Processing and Analysis of Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Adha Fajar
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:16
Last Modified: 06 Sep 2019 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23366

Actions (login required)

View Item View Item