Hubungan tipe kepribadian Agreeableness dan Fear of Missing Out dengan Self Esteem sebagai variabel moderator

Sholihat, Suvianti (2019) Hubungan tipe kepribadian Agreeableness dan Fear of Missing Out dengan Self Esteem sebagai variabel moderator. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Era digital telah membuat manusia memasuki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik dan terhubung melalui internet. Pengguna media sosial mendominasi pengguna internet di Indonesia yang merupakan pengguna internet terbesar ke-5 di dunia. Selain kemudahan yang ditawarkan, media sosial justru memberikan boomerang dengan adanya perasaan takut dan gelisah untuk tetap terhubung dengan orang lain yang disebut FoMO. Salah satu faktor yang diduga berpengaruh terhadap FoMo adalah kepribadian, khususnya tipe kepribadian agreeableness. Namun, peneliti menduga hubungan antara tipe kepribadian agreeableness tersebut dimoderatori oleh variabel lain, salah satunya adalah self esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara agreeableness dan FoMO dengan self esteem sebagai variabel moderator pada mahasiswa Bandung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan hasil modifikasi skala Big Five Inventory Ramdhani (2012), skala SLCS-R Tafarodi & Swann (2001), dan skala Fear of Missing Out about Social Media Przybylski, dkk (2013) yang disebar secara online melalui google form. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bandung berjumlah 536 orang. Adapun hasil penelitian ini menunjukan agreeableness dan self esteem dapat mempengaruhi FoMO, R2 = .066, F(2) = 18772, p = .000. Analisis lebih lanjut menjelaskan bahwa self esteem dapat menjadi variabel moderator, ∆ R2 = .073, F(2, 533) = 21.480, p = .000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosial media;Agreeableness;FoMO;Self Esteem
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: suvianti sholihat
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:32
Last Modified: 05 Sep 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item View Item