Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem

Anggraeni, Neng Rini (2017) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

LKS yang digunakan dalam pembelajaran belum mampu membantu siswa aktif dalam belajar dan mengonstruksi pengetahuannya, sehingga perlu adanya pengembangan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKS berbasis Discovery learning, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS berbasis Discovery learning, dan respon siswa terhadap LKS berbasis Discovery learning pada materi ekosistem. Metode yang digunakan untuk pengembangan LKS yaitu model 4D (four-D model). Tahapan ini meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap pengembangan (develop) karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan validasi dari ahli materi dan media terhadap kelayakan LKS. Kemudian diujicobakan pada skala kecil di SMA Al-Islam Bandung kelas XI IPA dan uji coba skala besar di SMAN 1 Mande Cianjur kelas X IPA 4. Data yang diambil pada uji coba skala kecil yaitu respon siswa, sedangkan pada uji coba skala besar yaitu hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelayakan materi sebesar 93,13%, dan presentase rata-rata kelayakan media sebesar 94,64%, dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS mengalami peningkatan dengan nilai N-GAIN 0,79 dengan kriteria tinggi. Rata-rata presentase respon siswa sebesar 72,25% dan 80,36% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Discovery learning pada materi ekosistem yang dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Discovery learning; hasil belajar; ekosistem
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:40
Last Modified: 04 Sep 2019 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item