Pendekatan terapi behavioral dalam meningkatkan kepercayaan diri santri : penelitian di pondok Pesantren Nurul Huda

Pratiwi, Noviyanti (2016) Pendekatan terapi behavioral dalam meningkatkan kepercayaan diri santri : penelitian di pondok Pesantren Nurul Huda. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilihat dari pengalaman pribadi yang dulunya sebagai santri Nurul Huda, dulu para santri mengalami percaya diri rendah yang perlu mendapatkan dorongan dan motivasi dari seorang konselor atau guru, agar dapat menjadi manusia yang memiliki kepribadian dengan aspek emosional yang matang dalam menghadapi masa remajanya yang penuh dengan konflik yang disebut dengan masa "Strom & Stress". Masalah kurangnya kepercayaan diri banyak di alami khususnya oleh para remaja. Dijelaskan bahwa kurangnya rasa percaya diri pada remaja disebabkan oleh faktor-faktor psikologik dan sosiologik. Faktor psikologik berkaitan dengan masa perkembangan remaja yang sedang mengalami banyak perubahan, baik secara fisik, psikis, dan sosial. Faktor sosiologik yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri pada remaja berkaitan dengan tuntutan sosial di luar diri remaja. Pada umumnya orang tua dan guru lebih memberikan perhatian dan penghargaan pada remaja dengan prestasi akademik yang baik). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Apa saja bentuk-bentuk dan penyebab ketidak percaya diri? 2) Bagaimana proses pelaksanaan Terapi Behavioral Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri? 3) Bagaimana hasil yang dicapai dari pelaksanaan kegiatan Terapi Behavioral Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri? Terapi behavioral adalah pendekatan-pendekatan terhadap konseling dan psikoterapi yang berkaitan dengan pengubahan tingkah laku. Pendekatan, teknik, dan prosedur yang dilakukan berakar pada berbagai teori tentang belajar. Terapi behavior adalah salah satu teknik yang digunakan dalam menyelesaikan tingkah laku yang ditimbulkan oleh dorongan dari dalam dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup, yang dilakukan melalui proses belajar agar bisa bertindak dan bertingkah laku lebih efektif, lalu mampu menanggapi situasi dan masalah dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan tehnik yang dipakai adalah tekhnik Keterampilan Sosial Pelatihan, yang memakai Pelatihan asertif. Salah satu bentuk khusus dari pelatihan keterampilan sosial yang populer adalah mengajarkan orang bagaimana untuk bersikap tegas dalam berbagai situasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terapi behavioral/tingkah laku ini dapat meningkatkan rasa percaya diri di kalangan remaja/santri dan alhasil santri menjadi lebih percaya diri atas apa yang mereka lakukan, mereka berani bertindak sesuai dengan apa yang mereka inginkan, berani tampil didepan orang banyak, dan banyak lagi perubahan yang didapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: behavioural; kepercayaan diri; konseling
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:14
Last Modified: 04 Sep 2019 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item View Item