Penerapan metode tasmi dalam pembelajaran Tahsin Tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada mahasiswa di Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wahyudin, Yuyu (2019) Penerapan metode tasmi dalam pembelajaran Tahsin Tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada mahasiswa di Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari 213 mahasiswa Rumah Tahfidz Quran hafalannya tidak lancar hanya 20 orang saja yang hafalanya lancar. Peneliti mencoba akan menerapkan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz yang diasumsikan dapat berpengaruh terhadap kelancaran hafalan Al-Quran, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana proses penerapan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz? Bagaimana hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’? Bagaimana pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz. 2) Hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’. 3) Pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran. Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode Tasmi’ diasumsikan dapat meningkatkan hafalan Al-Quran karena kelebihan menggunakan metode Tasmi’ ini tidak akan mudah merasa lelah dan jenuh untuk menambah dan mengulang hafalan Al-Quran. Selain itu, kelebihan metode Tasmi’ dapat menjadikan hafalan Al-Quran tetap terjaga, juga hafalan Al-Quran bertambah lancar dan mengetahui ayat-ayat Al-Quran yang keliru ketika dibaca. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik dan analisis logika. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Proses penerapan metode Tasmi’ dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 74,99 % termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’ memiliki nilai rata-rata sebesar 86,94 termasuk dalam kategori sedang. 3) Pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran memiliki skor N-Gain 0,55 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penghitungan data hasil belajar diperoleh nilai thitung 2,24 dan nilai ttabel 2,01. Karena nilai thitung (2,24) > nilai ttabel (2,01), maka Ho ditolak. Artinya hasil belajar antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tasmi’ memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hafalan Al-Quran mahasiswa Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode tasmi; hafalan al-quran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuyu Wahyudin
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:37
Last Modified: 06 Sep 2019 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item