Implementasi metode Yadain Litahfidzil Qur'an dalam program karantina sebulan hafal Al-Qur'an di Yayasan Karantina Tahfidz Al-Qur'an Nasional (YKTN) Desa Maniskidul Kuningan Jawa Barat

Karim, Dudung Abdul (2019) Implementasi metode Yadain Litahfidzil Qur'an dalam program karantina sebulan hafal Al-Qur'an di Yayasan Karantina Tahfidz Al-Qur'an Nasional (YKTN) Desa Maniskidul Kuningan Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK done.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I done.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

Penganut agama islam diwajibkan untuk selalu menjaga keutuhan isi dari Al Qur’an secara benar juga sesuai. Dikarenakan dalam proses penjagaan/pemeliharaan Al-Qur’an itu terbatas oleh kondisi sesuai dengan sunattullah, oleh karena itu, jika umat Islamnya tidak memiliki rasa peduli terhadap pemeliharaan/penjagaan terhadap Al-Qur’an, maka, apa jadinya umat islam kelak. Menghafal Al-Qur’an sebanyak 30 juz bukanlah hal yang mudah namun juga tidaklah sulit jika benar-benar ikhlas karena Allah melakukannya. Menghafal merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang digunakan untuk memelihara pengetahuan, termasuk memelihara Al-Qur’an. Yayasan Karantina Tahfidz Al Qur’an Nasional merupakan salah satu lembaga akselerasi yang didalamnya terdapat program menghafal Al-Qur’an yang disiapkan bagi para generasi Islam untuk mencintai Al Qur’an dan mengamalkannya dengan menggunakan metode Yadain Litahfidzil Qur’an. Dan yang menjadi fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah: dalam penerapan metode Yadain kita tau apa saja yang menjadi Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam penerapan metode Yadain dalam menghafal di Yayasan Karantina Tahfizh Nasional tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode yadain pada Yayasan Karantina Tahfizh Nasional ini mempunyai faktor pendukung diantaranya, metode yang sudah ada dan sudah teruji kebenarannya oleh banyak peserta dilebih dari 80 cabang dan 8 ribu lebih lulusan, yang pengaplikasiannya mudah dan menuntut kita hanya untuk fokus pada Al Qur’an dan diri sendiri lewat tadabur terjemah, serta penerapan pola NLP training motivasi dalam menghafal Al Qur’an. Namun adapula faktor yang menjadi penghambat dalam menggunakan metode yadain ini, diantaranya adalah : 1. Pengaplikasian metode yang terbilang cukup sulit untuk dilakukan bagi peserta yang sudah mempunyai metode menghafalnya sendiri sebelum mengikuti karantina dan 2. Tahapan-tahapan pengaplikasian yang terdiri dari 12 cara dirasa memakan waktu yang lama untuk para peserta penghafal baru dengan target capaian program yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al Qur’an; Metode Yadain Litahfizhil Quran;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Dudung Abdul Karim
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:06
Last Modified: 30 Aug 2019 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item