Pengembangan lembar kerja berbasis Diagram Vee pada pembuatan Bioindikator Titrasi asam basa dari tanaman sambang colok (Aerva Sanguinolenta (L) Blume)

Tata, Tata (2016) Pengembangan lembar kerja berbasis Diagram Vee pada pembuatan Bioindikator Titrasi asam basa dari tanaman sambang colok (Aerva Sanguinolenta (L) Blume). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAPTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemikiran pentingnya pengembangan lembar kerja (LK) alternatif untuk mata kuliah kimia analitik II pada topik titrasi asam basa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan LK berbasis Diagram Vee, menentukan uji kelayakan LK berbasis diagram vee, dan menentukan karakterisasi bioindikator titrasi asam basa sambang colok. Lember kerja dibuat menggunakan metode research and development. Subjek penelitian yaitu mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah kimia analitik II. Intrumen yang digunakan yaitu LKM berbasis Diagram Vee, format uji kelayakan LK, tabel karakterisasi bioindikator sambang colok, alat dan bahan. Pengolahan data dengan membandingkan nilai kelayakan (r) dengan nilai rkritis dan memdeskripsikan secara langsung hasil temuan dari uji coba terbatas. Hasil uji validasi terhadap format lembar kerja berbasis diagram vee pada pembuatan bioindikator titrasi asam basa dari tanaman sambang colok dinyatakan valid, dengan nilai rata-rata rhitung yang diperoleh sebesar 0,875 dan hasil rata-rata persentase kelayakan adalah 87,5%, sedangkan hasil karaketisasi bioindikator sambang colok yaitu etanol pelarut yang baik dengan absorbansi maksimum 0,172 A, mengandung senyawa fenolik, kandungan antosianin total bioindikator sambang colok yaitu 53,10% dengan spektrofotometri UV-Vis, mengandung gugus O-H, aromatik C=C, C-H dan C-O dengan spektrofotometri FTIR, trayek pH bioindikator yaitu pH 8-9 dan perbandingan efektivitas bioindikator dengan indikator fenoflatein dengan persen kesalahan titrasi 0,007708% lebih besar 0,005009% dari indikator fenoflatein yaitu 0,002699%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja Diagram Vee; Titrasi asam basa; Bioindikator; Antosianin;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:08
Last Modified: 28 Aug 2019 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item