Penafsiran ayat-ayat gempa menurut Thanthawi Jauhari dalam tafsir Al-Jawahir

Suryana, Cucu (2019) Penafsiran ayat-ayat gempa menurut Thanthawi Jauhari dalam tafsir Al-Jawahir. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy

Abstract

Semua kejadian yang terjadi dimuka bumi ini, pada dasarnya merupakan kehendak Allah Swt, baik itu gempa bumi ataupun bencana yang lainya. Namun sebagian menganggapnya alam semata.Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam bagaimana Thanthawi Jauhari sebagai mufassir dengan corak ilmi menafsirkan ayat-ayat yang mengisyaratkan tentang gempa bumi.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penafsiran Thanthawi Jauhari tentang ayat-ayat yang mengisyaratkan gempa bumi. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan penafsiran ayat-ayat yang mengisyaratkan gempa bumi, mencakup tentang pengertian gempa bumi, dampak gempa bumi, dan faktor gempa bumi. Penulis memilih Thanthawi Jauhari karena dianggap sebagai mufassir yang menafsirkan Alquran dengan pendekatan pengetahuan alam. Penelitian ini menggunakan teori tentang gempa bumi dari beberapa ilmuan yang digunakan sebagai alat analisa ayat-ayat tentang gempa bumi. Sedangkan pada paparan analisa digunakan metode tafsir maudhu’i tentang gempa bumi menganalisa isi tafsir Al-Jawahir. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research) jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode descriptive analysis, yaitu upaya mendeskripsikan dan menganalisis penafsiran Thanthawi Jauhari dalam Tafsir al-jawahir tentang ayat-ayat yang mengisyaratkan gempa bumi. Dengan menggunakan metode Tafsir maudhu’i dan Tafsir al-jawahir karya Thanthawi Jauhari sebagai rujukan utama dan di buku-buku terkait penelitian. Hasil penelitian ini, ditemukan penafsiran Thanthawi Jauhari tentang Gempa Bumi terdapat di 5 ayat yaitu Q.s Al-‘Araf (7): 78, Q.s Al’Araf (7): 91, Q.s Al-‘Araf (7): 155, , Q.s Al-Ankabut(29): 37, Q.s Al-Waqiah (56): 4., Thanthawi Jauhari menjelaskan bahwa gempa bumi merupakan kejadian yang sangat menggetarkan manusia, ketika menjelaskan kata al-Rajfah Thanthawi menafsirkannya dengan al-zalzala al-syadidah yaitu goncangan yang sangat kuat. Thanthawi Jauhari menjelaskan tentang faktor dan penyebab terjadinya gempa bumi mutlak kehendak Allah SWT sebagai bukti kekuasaan Allah SWT yang hendak ditunjukan untuk makhluk-Nya. menurutnya faktor terjadinya gempa bumi dapat dilihat di kata amtara dalam surat Alfurqon ayat 40 yang bermakna hujan batu. Proses letusan gunung berapi, kemudian meyemburkan kandunganya (lava) ke udara dan jatuh dengan kecepatan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ayat-ayat gempa; Thanthawi Jauhari; tafsir Al-Jawahir;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Cucu Suryana Suryana
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:45
Last Modified: 05 Sep 2019 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item