Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Grup Work hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan penerapan hukum bacaan Mad dan Waqaf: Penelitian di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Nurdinulloh, Dede (2013) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Grup Work hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan penerapan hukum bacaan Mad dan Waqaf: Penelitian di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Muhammadiyah 10 Bandung, yakni tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work, yang didasarkan pada perasaan senang, perhatian yang besar, ikut berpartisipasi aktif untuk mengeluarkan pendapat satu sama lain. Akan tetapi baiknya proses pelaksanaan Small Group Work tidak diikuti dengan motivasi belajar siswa yang tercermin dengan sikap belajar,mengeluh, kurangnya antusias dalam belajar dan tidak sering bermain-main dengan temannya sehingga menimbulkan pembelajaran yang tidak kondusif. Sehingga terdapat kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work dengan motivasi belajar PAI. Sehingga munculah masalah yang penting diteliti yaitu adakah hubungan antara tanggapan siswa dengan motivasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relitas tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work, realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI serta mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan penerapan hukum bacaan mad dan waqaf. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa sebagian dipengaruhi oleh baik atau tidaknya tanggapan siswa terhadap penerapan metode Small Group Work. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis semakin tinggi (positif) tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran Small Group Work, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan penerapan hukum bacaan mad dan waqaf. Sebaliknya, semakin rendah (negatif) tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work maka semakin rendah pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan penerapan hukum bacaan mad dan waqaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan alat dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Sampel yang diambil 25% dari populasi yakni 40 siswa dari 159 siswa keseluruhan. Untuk pengolahan data kualitatif dianalisis dengan analisis logika dan data kuantitatif dengan analisis statistik. Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran Small Group work berkualifikasi tinggi dengan angka rata-rata 3,97 angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berkualifikasi tinggi dengan rata-rata 3,64, angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun koefisien korelasinya termasuk kategori cukup/sedang dengan korelasi sebesar 0,44 berada pada interval 0,41-0,60. Adapun kontribusi variansi skor tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Small Group Work terhadap motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI adalah 19,36%, berarti ada 80,64% variansi skor dari faktor lain yang berkontribusi terhadap varians variabel Y. Hal ini membuktikan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Small Group Work; Motivasi Belajar Hukum Mad; Waqaf;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:31
Last Modified: 18 Jun 2019 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item