Bimbingan kelompok untuk menumbuhkan Self Acceptance anak asuh: Penelitian di Panti Asuhan Mitra Istiqomah Sumedang

Farisa, Sita Nur (2019) Bimbingan kelompok untuk menumbuhkan Self Acceptance anak asuh: Penelitian di Panti Asuhan Mitra Istiqomah Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Panti Asuhan merupakan lembaga sosial yang menampung, mendidik dan memelihara anak-anak yatim, piatu dan anak terlantar. Adanya bimbingan kelompok di panti asuhan ini memiliki tujuan salah satunya untuk menumbuhkan self acceptance pada anak asuh yang diberikan langsung oleh pembimbing panti, dan tujuan umum pantinya yaitu membimbing anak asuh agar menjadi anak yang mandiri, percaya diri, dan lebih baik lagi sesuai dengan ajaran Allah SWT dan Rasullullah SAW. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Program Bimbingan Kelompok untuk Menumbuhkan self acceptance Anak Asuh 2) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok untuk Menumbuhkan self acceptance Anak Asuh 3) Hasil dari Bimbingan Kelompok untuk Menumbuhkan self acceptance Anak Asuh di Panti Asuhan Mitra Istiqomah Sumedang. Penelitian ini mengacu pada Teori Hurlock 1999. Self acceptance merupakan tingkat dimana individu benar-benar mempertimbangkan karakteristik pribadinya dan mau hidup dengan karakteristik tersebut. Dengan self acceptance, individu dapat menghargai segala kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa observasi, analisis dan wawancara langsung dengan salah satu pembimbing dan beberapa anak asuh, juga memberikan gambaran sesuai fakta lapangan mengenai bimbingan kelompok untuk menumbuhkan self acceptance anak asuh di Panti Asuhan Mitra Istiqomah. Hasil bimbingan kelompok untuk menumbuhkan self acceptance anak asuh ini dapat dikatakan berhasil hal ini terlihat dari tumbuhnya rasa penerimaan diri anak asuh. Dan bimbingan kelompok ini juga dikatakan berhasil karena setiap anak di panti asuhan ini pada akhirnya mampu menjadi anak yang lebih percaya diri, dan menjadi lebih baik lagi meskipun setiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda untuk pencapaian mengenai penerimaan dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; Self Acceptance; Anak Asuh;
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: sita nur farisa
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:00
Last Modified: 20 Aug 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item View Item