Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE)terhadap Dividend Per Share (DPS) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT AKR Corporindo Tbk periode 2008-2017

Pratama, Fahmi (2019) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE)terhadap Dividend Per Share (DPS) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT AKR Corporindo Tbk periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikator dari kebijakan dividen yang sangat diperhatikan investor adalah Dividend Per Share (DPS). Dividend Per Share (DPS) ialah besarnya pembagian dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham setelah dibandingkan dengan rata-rata tertimbang saham biasa yang beredar. Perusahaan yang Dividend Per Share (DPS) tinggi dibandingkan dengan perusahaan sejenis akan lebih diminati oleh investor karena investor akan memperoleh kepastian berupa dividen. Salah satu indokator yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya dividen yang akan dibagikan adalah Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Dividend Per Share (DPS), (2) pengaruh Total Equity (TE) secara parsial terhadap Dividend Per Share (DPS), serta (3) pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE) secara simultan terhadap Dividend Per Share (DPS) pada PT AKR Corporindo Tbk. periode 2008-2017. Penelitian ini diolah menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis data berupa angka menggunakan uji statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keungan tahunan PT AKR Corporindo Tbk. yang diperoleh dari website resmi perusahaan yaitu www.akr.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, deskriptif, regresi linier sederhana dan berganda, korelasi Person Product Moment (PPM) serta korelasi berganda, koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil pengujian hipotesis Earning Per Share (EPS) menunjukan hasil sebesar 5% dengan hasil perbandingan thitung <ttabel sebesar 0,647 < 2.306 yang artinya secara parsial variabel independen Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen Dividend Per Share (DPS), (2) hasil pengujian hipotesis Total Equity (TE) menunjukan hasil sebesar 5,6% dengan hasil perbandingan thitung > ttabel sebesar 0,692 > 2.306 yang artinya secara parsial variabel independen Total Equity (TE) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen Dividend Per Share (DPS), (3) hasil pengujian hipotesis Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE) menunjukan hasil sebesar 6% dengan hasil perbandingan Fhitung > Ftabel sebesar 0,222 < 4.74 yang artinya secara secara simultan variabel independen Earning Per Share (EPS) dan Total Equity (TE) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen Dividend Per Share (DPS) pada PT AKR Corporindo Tbk. periode 2008-2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS);Total Equity (TE);Dividend Per Share (DPS)
Subjects: Econmics
Business
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Fahmi Pratama
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:23
Last Modified: 19 Aug 2019 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item View Item