Pengembangan soal model PISA konten change and relationship untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa

Putri, Angrista Permana (2019) Pengembangan soal model PISA konten change and relationship untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal matematika model Programme For International Student Assessment (PISA) konten change and relationship yang mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa di sekolah menengah pertama. Metode penelitian ini menggunakan development study tipe formative evaluation yang memiliki dua tahap yaitu tahap persiapan (preliminary) dan tahap formative evaluation. Penelitian dilakukan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan teknik pengumpulan data melalui walkthrough, tes, wawancara. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa tahap persiapan terdiri dari analisis tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum dan PISA, analisis siswa, analisis materi, dan soal matematika model PISA sebelumnya serta menganalisis indikator komunikasi. Tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Dihasilkan perangkat soal matematika model PISA pada konten change and relationship untuk mengetahui kemampuan komunikasi PISA yang memenuhi aspek validitas. Kemampuan komunikasi siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 39%. Level kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika model Programme For International Student Assessment (PISA) konten change and relationship pada level 4 sebesar 41,5% , level 5 sebesar 40,7% dan level 6 sebesar 24,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PISA; Change and Relationship; Formative Evaluation; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Education
Mathematics
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: angrista Putri Permana
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:15
Last Modified: 21 Aug 2019 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item