Fakta-fakta sosial dalam novel Naut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard Karya Nawal El-Saadawi: Kajian struktural dan sosiologis

Aisah, Nenden Nur (2016) Fakta-fakta sosial dalam novel Naut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard Karya Nawal El-Saadawi: Kajian struktural dan sosiologis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER INDO.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Fakta sosial adalah berbagai tindakan individu dalam melakukan hubungan dengan anggota masyarakat lain yang dipedomani oleh norma dan adat istiadat seseorang sehingga ia melakukan hubungan-hubungan terpola dengan anggota masyarakat yang lain. Fakta-fakta sosial tersebut bisa ditemukan dalam karya sastra, karena ini merupakan cermin sosial budaya manusia. Salah satu karya sastra adalah Novel Maut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard, Karya Nawal El-Saadawi. Novel berlatar sosial yang mengisahkan tentang perlawanan seorang perempuan bernama Zakiyah terhadap kekejaman seorang kepala desa bernama Umdah. Penelitian ini berusaha mengungkap penokohan yang terdapat dalam novel Maut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard, karya Nawal El-Saadawi dan mengungkap fakta-fakta sosial yang pernah menimpa masyarakat di Mesir, sekitar tahun 1999 M ketika Mesir di pimpin oleh presiden Muhamad Husni Said Mubarak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan Struktural- Sosiologis, yaitu analisis terhadap unsur intrinsik, yaitu penokohan dalam novel Maut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard, karya Nawal El-Saadawi serta pendekatan sosiologi sastra, yaitu fakta-fakta sosial dari Emile Durkheim. Analisis terhadap novel Maut Ar-Rajul Al-Wahid Ala Al-Ard, karya Nawal El-Saadawi ini ditemukan bahwa penokohan terdiri dari ; tokoh utama (Zakiah), tokoh tambahan (Hamzawi, Umdah, Haji Ismail, Tuan Zuhran, Fathiyah, Kufrawi, Zainab, Syekh Mutawalli, Ummu Shabir, Kerbau), tokoh protagonis (Zakiyah, Kufrawi, Zainab, Hamzawi), tokoh antagonis (Umdah), tokoh statis (Zainab) dan tokoh dinamis (Zakiah). Adapun fakta-fakta sosial dalam novel ini berupa fakta-fakta sosial yang bersifat material (adanya fakta pada masa itu bahwa perempuan harus di pukul dan di cambuk bila tidak menuruti perintah, sekalipun oleh ayahnya sendiri) dan non material (adanya sebuah opini dari masyarakat golongan atas yang mereka yakini bahwa setiap golongan bawah atau golongan petani adalah pencuri).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fakta Sosial; kajian Struktual; Kajian Sosiologis;
Subjects: Bahasa Arab
Rhetoricand Collections of Literary > Collection of Literary
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:36
Last Modified: 14 Aug 2019 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item