Penerapan pembelajaran bridging analogy berbasis metakognisi untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan habits of mind matematis siswa: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP

Zakiyah, Siti Marhamah (2019) Penerapan pembelajaran bridging analogy berbasis metakognisi untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan habits of mind matematis siswa: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pendekatan bridging analogy menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan metakognitif siswa setelah menerapkan pendekatan bridging analogy dan pembelajaran konvensional, peningkatan sikap habits of mind siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran bridging analogy, dan hambatan dan kesulitan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Plus Al-aqsha pada pokok bahasan sudut. Peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, sehingga didapat sampel kelas VII D dengan menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan bridging analogy, dan kelas VII E menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa pretest, posttest, skala sikap dan data hasil jawaban siswa untuk mengetahui hambatan yang ada dalam pembelajaran matematika. Peningkatan dan pencapaian kemampuan metakognitif matematis siswa berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa rerata n-gain dan postest kemampuan metakognitif matematis siswa yang mendapat pendekatan pembelajaran bridging analogy lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan banyak keunggulan dari pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran bridging analogy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bridging Analogy; Metakognisi; Metakognitif; Habits Of Mind;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Marhamah Zakiyah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:23
Last Modified: 09 Aug 2019 08:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22728

Actions (login required)

View Item View Item