Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di Instagram: Studi pada mahasiswi pengguna Wardah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Apriansyah, Sandi (2019) Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di Instagram: Studi pada mahasiswi pengguna Wardah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di instagram pada mahasiswi pengguna wardah UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara parsial maupun simultan melalui pengumpulan, pengolahan data dan analisis data melalui prosedur statistik dengan bantuan software SPSS 20.0. Dalam penelitian ini untuk variabel celebrity endorser menggunakan teori dari Shimp (2003) didefinisikan sebagai penggunaan artis sebagai bintang iklan di media-media, mulai dari media cetak, media sosial, maupun media televisi. Selebriti dipandang sebagai individu yang disenangi oleh masyarakat dan memiliki keunggulan atraktif yang membedakannya dari individu lain. Untuk variabel celebrity endorser memliki tiga dimensi seperti credibility, attractiveness, visibility untuk dimensi dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Royan (2005) yang terdiri dari 4 unsur antara lain: credibility, attraction, visibility, power. Sedangkan untuk mengukur variabel keputusan pembelian menggunakan teori Kotler (2007) keputusan pembelian merupakan tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian suatu produk yang dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi, psikologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung berjumlah 14.350 dan diambil 100 orang sebagai responden menggunakan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan metode Sampling Aksidental. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan uji validitas dan reliabilitas kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel credibility, attractiveness dan visibility (celebrity endorser) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pengujian dari analisis regresi linier berganda yang menunjukan bentuk persamaan sebagai berikut: Y = 7305 + 0,519X1 + 0,289X2 + 0,413X3. Hasil tersebut menunjukan hubungan yang positif kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi secara simultan celebrity endorser mempunyai pengaruh 46,1% tehadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Celebrity endorser; Keputusan pembelian
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sandi Apriansyah
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:33
Last Modified: 08 Aug 2019 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22706

Actions (login required)

View Item View Item