Pengajaran qira'at 'Ashim riwayat hafsh di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung

Imran, Zulfadhli Rizqi Barkia (2019) Pengajaran qira'at 'Ashim riwayat hafsh di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengajaran Qira’at ‘Ashim Riwayat Hafsh di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran Riwayat Hafsh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah library research dan studi observasi. Analisa data dengan cara induktif dan mengacu pada temuan di lapangan. Teori yang dipakai untuk menyelesaikan rumusan masalah adalah teori Qira’at itu sendiri, yaitu Qira’at Al-Qur’an tentang teks al-qur’an dan cara melafalkannya seperti pengucapan huruf baik dari segi makhroj dan sifatnya, hukum tajwid seperti idgham, ikhfa, iqlab, izhar dan lainnya dan teori pengajaran Al-Qur’an termasuk ciri khas pengajarannya di Ponpes Al-Falah. Pengajaran Qira’at sama hal nya dengan pengajaran al-Qur’an, karena memakai produk yang sama yaitu al-Qur’an. Beda antara keduanya adalah pengajaran Qira’at mengajarkan Al-Qur’an sesuai dengan Riwayat tertentu namun pengajaran Al-Qur’an hanya mengajarkan Al-Qur’an sesuai Riwayat yang masyhur di daerah tertentu. Hasil dari penelitian adalah pengajaran Qira’at ‘Ashim Riwayat Hafsh di Ponpes ini adalah menggabungkan metode klasik dengan metode modern yaitu metode talaqqi, sorogan, bandongan, al-baghdadiyah dan metode ceramah. Dan membagi para santri dengan beberapa level, yaitu Tahajji, mu’allam, murattal dan Qiraa’t. Dalam mengajarkan Qira’at Hafsh memakai kitab tajwid tertentu yang berisi kaidah Riwayat Hafsh seperti Hidayah al-Mustafid fi ‘Ilmi al-Tajwid, Fathu al-Rahman fi Tajwid al-Qur’an, Tuhfah Al-Athfal, Muqoddimah Jazariyyah, Matan Syalsabil Asy-Syafi dan kitab lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: qira'at 'Ashim; hafsh;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zulfadhli Rizqi Barkia
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:17
Last Modified: 08 Aug 2019 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22693

Actions (login required)

View Item View Item