Analisis profil manajemen dan penggunaan laboratorium dalam pembelajaran kimia di Madrasah Aliyah Wilayah Kabupaten Sumedang

Handayani, Elsa Ayu (2017) Analisis profil manajemen dan penggunaan laboratorium dalam pembelajaran kimia di Madrasah Aliyah Wilayah Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Keberadaan laboratorium di sekolah sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar kimia. Adanya laboratorium diharapkan proses pembelajaran kimia dapat dilaksanakan seoptimal mungkin. Setiap laboratorium di sekolah sudah seharusnya memiliki manajemen laboratorium yang baik, agar kegiatan praktikum dapat terlaksana dengan lancar. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil manajemen dan penggunaan laboratorium dalam pembelajaran kimia di tiga MA Wilayah Kabupaten Sumedang yang mengacu pada analisis Silabus Kurikulum Nasional, dan Permendiknas 24/2007. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sumedang, MAN 2 Sumedang dan MAS Al-Irfan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelengkapan alat dan bahan dalam kategori kurang lengkap dengan persentase alat 47,6% dan bahan 48,5%. Manajemen penataan alat dalam kategori sangat baik dengan persentase 80,5% dan penataan bahan dalam kategori kurang baik dengan persentase 43,6%. Manajemen administrasi alat/bahan dalam kategori kurang lengkap dengan persentase 29,6% dan manajemen administrasi ketenagakerjaan berada dalam kategori lengkap dengan persentase 66,6%. Penggunaan laboratorium di kelas X dalam kategori kurang efektif dengan persentase 33,3% kelas XI dalam kategori efektif dengan persentase 54,2% dan kelas XII dalam kategori kurang efektif dengan persentase 25,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen laboratorium; Penggunaan Laboratorium Kimia; Pembelajaran Kimia;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Organization and Management of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:49
Last Modified: 08 Aug 2019 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item