Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan pemahaman daur air peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi eksperimen semu di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung

Solihat, Nur Anisa (2016) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan pemahaman daur air peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Kuasi eksperimen semu di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pemahaman IPA dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung nilai rata-rata ulangan harian peserta didik pada mata pelajaran IPA ternyata 50% nilai rata-ratanya 65.5 dan nilai tersebut masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Air Kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung; 2) Pemahaman peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air; dan 3) Pemahaman peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa project based learning merupakan pembelajaran yang didesain dengan pengerjaan sebuah proyek ketika proses pembelajaran dan meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas, sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik MI Miftahul Huda Kota Bandung kelas VA berjumlah 23 peserta didik dan VB berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik melalui uji normalitas, homogenitas, uji t dan N-Gain¬. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPA dilihat dari aktivitas guru pada pertemuan pertama diperoleh presentase 91.67% dan aktivitas peserta didik 83.33%, pada pertemuan ke-2 aktivitas guru diperoleh presentase 100% dan aktivitas peserta didik 100%. Pemahaman peserta didik kelas yang menggunakan model pembelajaran project based leaning diperoleh rata-rata nilai 80 dengan kriteria sangat baik karena berada pada rentang nilai 80-100 dan nilai N-Gain 0.40. Sedangkan peserta didik yang menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata nilai 75.35 dengan kategori baik berada pada rentang 70-79 dan nilai N-Gain 0.09. Berdasarkan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh harga thitung = 5.96 dan ttabel =2.017 maka thitung > ttabel, dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran project based learning lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional. Sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 0.62 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0.09 dengan kategori rendah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: IPA; project based learning; pendidikan; sekolah; daur air
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:09
Last Modified: 25 Aug 2020 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item