Manajemen Kurikulum: Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah

Rusdiana, A. and Elis Ratna Wulan, Elis (2013) Manajemen Kurikulum: Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Arsad Press Bandung. ISBN 978-602-7917-22-4

[img]
Preview
Text
buku manajemen kurikulum.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi dan pasar bebas manusia dihadapkan pada perubahan-perubahan yang tidak menentu. Ibarat nelayan di "lautan lepas" yang dapat menyesatkan jika tidak memiliki "kompas" sebagai pedoman untuk bertindak dan mengarunginya. Hal tersebut telah mengakibatkan hubungan yang tidak linier antara pendidikan dan lapangan kerja atau "one to one relationship", karena apa yang terjadi dalam lapangan kerja sulit diikuti oleh dunia pendidikan, sehingga terjadi kesenjangan. Menanggapi hal tersebut dan krisis moneter yang melanda negara-negara Asia akhir-akhir ini, Direktur Pasipic Economic Cooperation (Tilaar, 2001: 21), menyatakan bahwa bangsa-bangsa khususnya di Asia Pasifik perlu mempunyai "outward and forward looking" internal masyarakat dan bangsa, tetapi juga pandangan tersebut perlu dijalin dengan pandangan ke luar dan ke depan, karena masyarakat dan bangsa kita adalah bagian dari statu masyarakat dunia yang semakin menyatu. Dalam kaitannya dengan pendidikan, Jalal (2001: 27) mengemukakan bahwa pendidikan nasional dewasa ini sedang dihadapkan pada empat krisis pokok, yang berkaitan dengan; (1) kuantiitas, (2) relevansi atau efisiensi eksternal, (3) elitisme, serta (4) manajemen pendidikannya. Lebih lanjut dikemukakan Jalal, bahwa sedikitnya ada enam masalah pokok sistem pendidikan nasional; (1) menurunnya akhlak dan moral peserta didik, (2) pemerataan kesempatan belajar, (3) masihrendahnya efisiensi internal sistem pendidikan, (4) status kelembagaan, (5) manajemen pendidikan nasional yang tidak sejalan dengan pembangunan nasional, dan (6) sumber daya yang belum profesional. Belum lagi, dewasa ini tantangan dunia pendidikan asing di dalam negeri begitu menggurita seiiring dengan regulasi AFTA (Asian Free Trade Area) dimana semakin banyaknya lembaga pendidikan asing mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan perangkat manajemen pendidikannya (kurikulum dan fasilitas pendidikan) yang berkualitas setiap saat dapat menghembaskan dunia pendidikan nasional manakala tidak kompetitif dan unggul ke jurang keterpurukan, terlebih bagi dunia pendidikan nasional yang berada di daerah-daerah yang kurang tersentuh oleh perkembangan akses informasi pendidikan yang memadai yang disinyalir masih lebih dari 53% dari wilayah Indonesia. Menghadapi hal tersebut, perlu dilakukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh (holistik), terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Pendidikan sebagaimana diungkapkan oleh Edward (2002:101) adalah kehidupan, untuk itu kegiatan belajar harus dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (life skill atau life competency) yang sesuai dengan lingkungan kehidupan dan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum
Subjects: Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Mrs Elis Ratna Wulan
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:58
Last Modified: 24 Oct 2019 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item