Efektivitas tepung biji nangka (Artocopapus heterophyllus) sebagai media pertumbuhan bakteri asam laktat (Lactobacillus acidophillus dan Lactobacillus casei)

Aisah, Dewi Siti (2019) Efektivitas tepung biji nangka (Artocopapus heterophyllus) sebagai media pertumbuhan bakteri asam laktat (Lactobacillus acidophillus dan Lactobacillus casei). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BabI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Biji nangka merupakan salah satu limbah organik yang belum dimanfaatkan secara optimal. Biji nangka mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka mengandung oligosakarida yang bermanfaat sebagai sumber prebiotik pada bakteri Lactobacillus casei dan Lactobacillus acidophilus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas tepung biji nangka sebagai media pertumbuhan bakteri asam laktat. Fermentasi tepung biji nangka ini dilakukan pengujian pada jam ke 0, 24, 48, dan 72 dengan dilakukan analisis pH, total asam, jumlah bakteri, dan gula reduksi. Hasil analisis pH pada fementasi Lactobacillus casei yaitu pH 4,7–3,7, sedangkan pada Lactobacillus acidophilus yaitu 4,9 – 4,5. Analisis total asam dari fermentasi Lactobacillus casei yaitu 0,0952% – 0,4762%, sedangkan dari fermentasi Lactobacillus acidophilus yaitu 0,2023% – 0,3036%. Kadar gula reduksi pada fermentasi Lactobacillus acidophilus mengalami kenaikan pada jam ke-48, untuk Lactobacillus casei mengalami penurunan dari 2,4658 mg/ml menjadi 1,1258 mg/ml. Jumlah bakteri pada fermentasi Lactobacillus casei mengalami penurunan dari 3,240×1010 sel/ml menjadi 3,237×1010 sel/ml, untuk Lactobacillus acidophilus terjadi kenaikan pada jam ke-48. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Lactobacillus casei lebih efektif tumbuh dalam tepung biji nangka dibandingkan dengan bakteri Lactobacillus acidophilus dan tepung biji nangka efektif sebagai probiotik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tepung Biji Nangka (Artocarpus heterophyllus); Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus casei);
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Biochemistry > Biochemical Genetics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Dewi Siti Aisah
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:19
Last Modified: 19 Nov 2019 04:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22508

Actions (login required)

View Item View Item