Pondok pesantren KHAS Kempek masa Abuya Ja'far Shodiq Aqil Siroj Tahun 1990-2014

Taufiqqurrohman, Agusdina (2019) Pondok pesantren KHAS Kempek masa Abuya Ja'far Shodiq Aqil Siroj Tahun 1990-2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan jati diri keislaman Indonesia. Pendidikan Islam tradisional yang terus dijaga oleh Ulama Indonesia. Diawali oleh Walisongo dalam membangun Pendidikan Islam, kemudian dilestarikan oleh penerusnya para Ulama Indonesia. Pondok Pesantren KHAS Kempek yang menjadi contoh pendidikan tradisional, memiliki perjalanan yang sangat panjang. Tantangan zaman kemudian menjadi pembaharuan yang dilakukan oleh Abuya Ja’far Shodiq Aqil Siroj dalam meneruskan perjuangan para pendiri Pondok Pesantren Kempek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum Pondok Pesantren KHAS Kempek terlebih ketika dipimpin oleh Abuya Ja’far Shodiq Aqil Siroj. Yang kemudian menjadi kepercayaan di masyarakat. Keberadaan Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon semakin diakui dan dipercaya secara luas oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah santri setiap tahun, terutama saat Penerimaan Santri Baru (PSB). Peningkatan jumlah santri juga bisa dilihat dari sedang dibangunya perguruan tinggi Pondok Pesantren KHAS Kempek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang dalam pelaksanaanya dilakukan melalui empat tahapan yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teori yang penulis pakai adalah teori struktural Kartono Kartodirdjo, yakni teori yang menjelaskan bahwa peranan yang pemegang kebijakan dan intsitusi pengaruh pada perubahan sosial masyarakat. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa, Pondok Pesantren KHAS Kempek merupakan genelogi dari Pondok Pesantren Kempek yang dibangun oleh KH. Harun pada tahun 1908. Kemudian pada tahun 1960 KH. Aqil Siroj yang merupakan menantu dari KH. Harun membuat Majelis Tarbiyatul Mubtadi’ien untuk mengembangkan kitab-kitab yang belum di ajarkan di Pondok Pesantren Kempek. Pada masa Abuya Ja’far Shodiq Aqil Siroj, pesantren khas kempek berkembang pesat dengan adanya pembaharuan utnuk mengadakan pendidikan formal melalui MTs KHAS Kempek, MA KHAS Kempek, dan SMP KHAS Kempek. Dalam perjalannya, Abuya Ja’far Shodiq Aqil Siroj bersama adik-adiknya berhasil mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat. Dibuktikan dengan bertambahnya lahan untuk pengembangan Pondok Pesantren KHAS Kempek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesantren Kempek; Abuya Ja’far;
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Islamic History
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Agusdina Taufiqqurrohman
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:19
Last Modified: 06 Aug 2019 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22453

Actions (login required)

View Item View Item