Pengaruh bimbingan belajar melalui makna pelafalan Man Jadda Wajada terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Binar Ilmu Cimenyan Kabupaten Bandung

Nurhidayanti, Tiara Dwi (2019) Pengaruh bimbingan belajar melalui makna pelafalan Man Jadda Wajada terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Binar Ilmu Cimenyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan pondasi untuk menyiapkan generasi yang mampu menghadapi era globalisasi. Kemajuan bangsa ditentukan oleh sejauh mana kualitas pendidikannya, Namun di zaman modern ini masih terdapat beberapa wilayah yang masih memiliki paradigma negatif terhadap pendidikan anak untuk bersekolah begitupula yang terjadi di lokasi penelitian ini. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya motivasi belajar mereka dan menurunnya kualitas belajar mereka. Sehingga, bimbingan belajar melalui makna pelafalan Man Jadda Wajada sangat berperan penting dan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan perkembangan intelektual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pemahaman dan persepsi siswa terhadap bimbingan belajar, seberapa besar motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh yang terdapat pada layanan bimbingan belajar melalui makna pelafalan Man Jadda Wajada terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Response), Stimulus yang merupakan pesan, organism yang merupakan komunikan, dan response yang merupakan efek yang ditimbulkan. Teori ini merupakan teori dari Thorndike yang menggambarkan bahwa proses belajar adalah pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi sekaligus sampel keseluruhan siswa kelas VII SMP Binar Ilmu Cimenyan kabupaten Bandung sebanyak 13 orang, adapun instrument yang digunakan adalah kuesioner yang didukung oleh hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) pemahaman siswa terhadap bimbingan belajar adalah sebesar 84%, 2) persepsi siswa terhadap bimbingan belajar adalah sebesar 89%, hasil keduanya termasuk kedalam kategori sangat tinggi yang menjadi tolak ukur keberlangsungan layanan bimbingan belajar ini, 3) motivasi belajar siswa di sekolah sebelum dilakukannya treatment (pre-test) adalah 63% (kategori cukup) dan sesudah dilakukannya treatment (post-test) adalah 92% (kategori sangat tinggi), 4) pengaruh bimbingan belajar melalui makna pelafalan Man Jadda Wajada terhadap peningkatan motivasi belajar siswa menunjukan bahwa Pv (0,000) artinya 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pre-test dan post-test, dan berdasarkan uji determinasi menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 60,8% sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini dapat menjadi gambaran bagi peneliti selanjutnya yang diharapkan dapat memperbaiki segala kekurangan pada penulisan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar; Man Jadda Wajada; Motivasi
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Dwi Nurhidayanti
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:14
Last Modified: 31 Jul 2019 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item