Penilaian ranah afektif pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madarasah Aliyah Subang: Penelitian di Tiga Madarasah Aliyah Subang Jawa Barat

Nuriana, Didin (2018) Penilaian ranah afektif pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madarasah Aliyah Subang: Penelitian di Tiga Madarasah Aliyah Subang Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa berawal dari ditemukan salah satu siswa dengan kasus mencuri, setelah ditanya dan diselidiki, siswa tersebut selalu melakukan hal sama dimanapun dia berada, tapi anehnya setelah melihat hasil belajarnya selama dua semester dia memiliki penilaian afektif yang baik pada rapotnya. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui proses guru menilai ranah afektif siswa. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam menilai ranah afektif. Ketiga, hasil dari penilaian ranah afektif di Madrasah Aliyah. Penelitian ini di tiga madrasah karena ketiga aliyah ini memiliki karakter yang beda-beda yaitu, Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang, Madarasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam-Kasomalang, dan Madrasah Aliyah Al-Wutsqo. Penelitian ini menggunakan teori Daryanto (2007) dan Krathwohl (1964) mengenai aspek ranah afektif yang terdiri dari receiving, respondong, valuing, organization, dan characteristic. Aspek ini di teliti pada pembelajaran Aqidah Akhlak, karena pembelajaran tersebut lebih banyak berkaitan dengan ranah afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dengan teknik observasi, kuesioner, dan wawancara serta menggunanakan Skala Likert. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak pada masing-masing madrasah dan informan tambahan sebagian siswa/siswi, kepala sekolah madrasah aliyah di Subang. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat dibuktikan bahwa guru Madrasah Aliyah yang ada di Subang tidak memperhatikan proses penilaian ranah afektif siswa, akibat ketidak perhatian guru terhadap proses penilaian ranah afektif ini maka bisa menimbulkan hasil penilaian yang tidak mencerminkan sikap siswa yang sebenarnya. Sehingga dinyatakan dengan kesimpulan besar bahwa ”nilai hasil belajar ranah afektif tidak selalu mencerminkan sikap siswa yang sebenarnya, karena dipengaruhi oleh sistem penilaian yang tidak tepat”. Pembuktian ini berdasarkan pernyataan siswa terhadap guru dalam melakukan proses penilaian ranah afektif. Pada penilaian terhadap penilaian ranah afektif, siswa menyatakan bahwa guru kadang-kadang melakukan penilaian terhadap ranah afektif, meski demikian siswa memiliki ranah afektif yang baik dengan nilai kualitatif (B). Faktor pendukung dalam hal ini ada banyak orang yang diikutsertakan diantaranya guru Bimbingan Konseling (BK), guru-guru dan teman siswa tersebut, namun ada juga faktor penghambat yaitu, penilaian guru yang masih lebih ke arah subjektif karena belum menemukan instrumen yang tepat dalam menilai ranah afektif siswa serta guru belum mengetahui cara menilai ranah afektif siswa yang baik dan benar. Hasil akhir adalah Siswa memiliki ranah afektif yang baik dengan nilai baik. Begitu juga dengan pernyataan siswa terhadap penilaian aspek ranah afektif keseluruhan yang dilakukan guru Madrasah Aliyah di Subang dengan hasil rata-rata (62,72%) maka, bahwa guru Madrasah Aliyah di Subang melakukan penilaian ranah afektif kepada siswa kadang-kadang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ranah; Afektif
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education
Education and Research of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Didin Nuriana
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:09
Last Modified: 13 Jan 2022 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item View Item