Pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Tahun 2017

Melisa, Cici (2019) Pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian awal yaitu penerimaan pajak bumi dan bangunan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung tahun 2017 yang tidak mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini terjadi karena masih kurangnya pengawasan dalam proses pemungutan pajak bumi dan bangunan sehingga terjadi tidak meningkatnya penerimaan pajak bumi dan bangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Landasan teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori pengawasan dari Manullang dalam variabel independen (X) terdiri dari penetapan alat ukur (standard), menilai (evaluated) dan mengadakan tindakan perbaikan (corrective action). Sedangkan untuk mengukur efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan menggunakan teori dari Indrawijaya sebagai variabel dependen (Y). Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif secara parsial, jenis data yang digunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 22 responden berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan, peneliti menggunakan korelasi sederhana, uji-t dan koefesien korelasi, dan koefesien determinasi dengan program spss 22 for windows Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung > t tabel (3,888 > 2,086) maka Ho ditolak dan jika signifikasi < 0,05 (0,001 < 005) maka Ho ditolak, artinya pengawasan berpengaruh terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Terdapat pula persentasi sumbangan pengawasan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan 43,1%, sedangkan sisanya 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pengawsan, Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: Public Administration
Accounting > Tax Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: cici melisa gilbert
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:14
Last Modified: 01 Aug 2019 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item