Penerapan model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika: Penelitian kuasi eksperimen terhadap kelas VIII SMPN 1 Sukatani Kabupaten Bekasi

Abdillah, Wahyu (2015) Penerapan model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika: Penelitian kuasi eksperimen terhadap kelas VIII SMPN 1 Sukatani Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dikelas VIII SMPN 1 Sukatani Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran SSCS. (b) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model Pembelajaran SSCS tugas terstruktur, model Pembelajaran SSCS tugas biasa dan model pembelajaran konvensional. (c) Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model Pembelajaran SSCS tugas terstruktur, model Pembelajaran SSCS tugas biasa dan model pembelajaran konvensional. (d) Sikap siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemecahan masalah matematika dan instrumen nontes yaitu lembar aktivitas guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model Pembelajaran SSCS tugas terstruktur dengan rata-ratanya adalah 0,40, model Pembelajaran SSCS tugas biasa dengan rata-rata 0,63 dan model pembelajaran konvensional 0,61 dan rata-rata peningkatan dari ketiga kelas tersebut berkatagori sedang. (c) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model Pembelajaran SSCS tugas terstruktur, model Pembelajaran SSCS tugas biasa dan model pembelajaran konvensional. (d) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran SSCS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; model pembelajaran; matematika; smp
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Science for Elementary Education
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:15
Last Modified: 14 Aug 2020 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item