Pengaruh Metode 'Asyarah terhadap Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur'an: Penelitian Quasi Eksperimen pada Kelas X SMA Plus Al-Ghifari Bandung

Shibghatullah, Muhammad Najib (2018) Pengaruh Metode 'Asyarah terhadap Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur'an: Penelitian Quasi Eksperimen pada Kelas X SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Plus Al-Ghifari Bandung melalui pengamatan serta wawancara guru mata pelajaran BTQ diperoleh informasi mengenai rendahnya kemampuan dalam membaca Al-Qur’an materi hukum bacaan mad yang dibuktikan dari hasil ujian lisan yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kemungkinan penyebabnya adalah metode belajar membaca Al-Qur’an yang kurang efektif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran metode ‘Asyarah, 2) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 3) Pengaruh metode ‘Asyarah terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran, Diantaranya penggunaan metode ‘Asyarah yang mengkombinasikan aspek kognitif dan psikomotor yaitu kemampuan menghafal dan mempraktekan bacaan dengan disertai kaidah tajwid yang baik dan benar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah metode ‘Asyarah berpengaruh terhadap kemampuan siswa kelas X dalam membaca Al-Qur’an di SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan sampel masing-masing berjumlah 34 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunakan tes praktek pretest dan posttest. Teknik analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran metode ‘Asyarah diawali dengan pemberian pretest, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mendemonstrasikan dan diakhiri dengan pemberian posttest pada sub materi hukum bacaan mad. 2) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode ‘Asyarah dapat dikategorikan tinggi, dilihat dari hasil rata-rata posttest sebesar 79,74. 3) Pengaruh metode ‘Asyarah terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dapat dikategorikan tinggi, berdasarkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,72. Angka tersebut termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 0,70 – 0,100. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh Thitung 4,71 > Ttabel 2,00 berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, metode ‘Asyarah berpengaruh terhadap kemampuan siswa kelas X dalam membaca Al-Qur’an di SMA Plus Al-Ghifari Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asyarah; Kemampuan Siswa; Membaca Al-Qur'an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad najib shibghatullah
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:57
Last Modified: 07 Jan 2020 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22243

Actions (login required)

View Item View Item