Keanekaragaman dan pemanfaatan tanaman buah pekarangan di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Taufiq, Muhammad (2016) Keanekaragaman dan pemanfaatan tanaman buah pekarangan di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Masyarakat di Desa Cibulakan cenderung memiliki pekarangan rumah yang luas sehingga memanfaatkannya dengan menanam berbagai jenis tanaman buah. Tujuan dari penelitian ini yaitu menginventarisasi keanekaragaman jenis dan distribusi tanaman buah pekarangan di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur serta menginventarisasi potensi dan pemanfaatan tanaman buah pekarangan oleh masyarakat di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif dengan pengambilan sampel dilakukan secara eksplorasi. Diketahui bahwa jumlah pekarangan yang dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah meliputi, wilayah 1 berjumlah 90 pekarangan, wilayah 2 berjumlah 80 pekarangan, wilayah 3 berjumlah 150 pekarangan, wilayah 4 berjumlah 150 pekarangan, wilayah 5 berjumlah 100 pekarangan dan wilayah 6 berjumlah 75 pekarangan. Hasil penelitian ditemukan 51 jenis buah pekarangan di Desa Cibulakan termasuk kedalam 32 suku. Terdapat lima suku yang mendominasi antara lain Myrtaceae, Rutaceae, Moraceae, Anacardiace dan Musaceae. Jenis tanaman buah yang ditemukan dari keseluruhan Desa Cibulakan tersebar di 6 wilayah meliputi wilayah 1 sampai dengan wilayah 6. Tanaman buah pekarangan di wilayah 1 ditemukan sebanyak 31 jenis. Wilayah 2 ditemukan sebanyak 23 jenis. Suku yang paling banyak ditemukan yaitu suku Musaceae. Wilayah 3 ditemukan sebanyak 47 jenis. Wilayah 4 ditemukan sebanyak 41 jenis. Wilayah 5 ditemukan sebanyak 31 jenis. Wilayah 6 ditemukan sebanyak 30 jenis. Tanaman buah pekarangan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Cibulakan untuk dikonsumsi, dijual, bahan kerajinan, bahan bangunan, kayu bakar, bumbu dan masakan, obat tradisional. Jenis yang paling banyak dimanfaatkan yaitu pala (Myristika fragans) sebesar 3,07, seperti kulitnya untuk obat, buah dagingnya untuk dibuat manisan paladang, bijinya dijadikan bumbu masakan dan pohonnya bisa dijadikan kayu bakar. Sedangkan jenis yang paling sedikit dimanfaatkan yaitu jambu air (Syzygium aqueum) sebesar 0,93, seperti buahnya untuk dimakan dan dijual sedangkan kayunya biasa dijadikan kayu bakar itupun jika sudah lapuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: biologi; tanaman; bibit; keanekaragaman; pemanfaatan
Subjects: Plants, Botany > Research of Plants
Specific Techniques of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Plant Propagation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:50
Last Modified: 20 Feb 2020 08:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item