Penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)untuk meningkatkan penguasaan konsep Peserta Didik pada materi Fluida Dinamis

Apriliana, Neng Wina (2018) Penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)untuk meningkatkan penguasaan konsep Peserta Didik pada materi Fluida Dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTR ISI)
3_daftarisi_1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dan peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada materi Fluida Dinamis. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di MAN 6 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 MAN 6 Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 30 orang. Data mengenai keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan penguasaan konsep peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan posttest berbentuk soal uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan setiap pertemuannya, dengan rata-rata keterlaksanaan dari seluruh aktivitas guru sebesar 94% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 90% dengan kategori baik. Selain itu juga terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi fluida dinamis dengan nilai N-gain sebesar 0,79 yang termasuk kategori tinggi. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (50,1 > 2,044) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak lurus setelah diterapkan model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Teams Achievement Divisions); Penguasaan Konsep; Fluida Dinamis;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: neng wina apriliana
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:53
Last Modified: 25 Jul 2019 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22204

Actions (login required)

View Item View Item