Dakwah terhadap kaum Milenial: Analisis Semiotik akun motivasi Hijrah di media sosial Facebook

Aisyah, Anih Ai (2019) Dakwah terhadap kaum Milenial: Analisis Semiotik akun motivasi Hijrah di media sosial Facebook. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(2).pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan aktualisasi diri dengan melibatkan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Melihat perkembangan budaya dakwah dianggap penting oleh masyarakat, sehingga da’i berusaha menyampaikan dakwah dengan mempertimbangkan konteks masyarakat tersebut. Generasi baru butuh motivasi melalui dakwah yang mempengaruhi pikiran dan emosi mereka dengan media digital, seperti facebook. Penelitian ini bertujuan mengetahui pesan dakwah kaum milenial di media sosial facebook Motivasi Hijrah. Penelitian difokuskan pada makna denotasi dan konotasi pesan dalam akun facebook Motivasi Hijrah dan bagaimana makna mitos pesan dakwah dalam akun yang sama. Teori yang digunakan, yaitu semiotika Roland Barthes, tentang simbol dalam bahasa (language) atau tanda (sign). Makna denotasi, yaitu order of signification pertama yang memiliki makna sesungguhnya dalam postingan penafsiran quote. Makna konotasi, yaitu makna yang tersirat dalam postingan quote yang disebut signifier (penanda) order of signification tahap kedua, serta aspek lain yang menandai suatu masyarakat, yaitu makna mitos. Metode yang digunakan peneliti adalah semiotik yang berbentuk analisis data, dengan mengolah dan menafsirkan quote untuk memberikan gambaran mengenai perkembangan facebook sebagai media yang memberikan motivasi. Menghubungkan quote dengan realita (reality) kehidupan yang mampu memberikan makna tersirat sebagai pesan dakwah di balik postingan akun Motivasi Hijrah. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kegiatan dakwah yang dilakukan oleh akun Motivasi Hijrah dapat memberikan pesan dakwah bagi kalangan milenial. Quote yang diposting selama bulan November sampai Desember 2018 terdapat 33 quote pesan dakwah. Kategori pesan dakwah diklasifikasikan berdasarkan, pesan akidah (faith), seperti iman kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, hari kiamat, qadha dan qadhar. Ibadah (worship), seperti melaksanakan perintah Allah (shalat, zakat, puasa dan haji) dan akhlak (etnict) meliputi; akhlak terhadap manusia, diri sendiri, tetangga, masyarakat lainnya, hewan, tumbuhan dan sebagainya, serta muamalah (transaction) meliputi: hukum niaga, nikah, dan waris, pidana, negara, perang dan damai. Menggunakan gambar-gambar unik untuk mempengaruhi perhatian kalangan milenial dalam melakukan hijrah. Facebook dijadikan untuk memahami pesan dakwah bagi kalangan milenial sebagai proses pembelajaran yang berkesan halus untuk menerima pesan keislaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah;Facebook; Milenial; dan Motivasi Hijrah
Subjects: Communications Telemunications
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anih Anih Ai Aisyah
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:49
Last Modified: 25 Jul 2019 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item View Item