Analisis semantik terhadap makna kata Al-Bala' dalam Al-Qur'an

Qolbiyah, Ade Lela Layinul (2019) Analisis semantik terhadap makna kata Al-Bala' dalam Al-Qur'an. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Manusia pada umumnya sangat takut dengan datangnya ujian dan cobaan dari Allah Swt. Ujian dan cobaan merupakan sunnatullah yang harus diterima dengan lapang dada oleh manusia. Dalam Al-Qur’an, Al-Bala’ tidak hanya dimaknai dengan ujian dan cobaan saja, namun pada kenyataannya makna Al-Bala’ banyak ditemukan dengan segala derivasinya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan semantik yang merupakan salah satu cabang linguistik yang mengkaji tentang makna sebuah bahasa. Penelitian skripsi ini menggunakan teori semantik dari Toshihiko Izutsu karena teorinya dianggap sudah mapan dan mumpuni yang kemudian dapat diterapkan di dalam Al-Qur’an. Dalam teorinya, untuk mencapai pada weltanschauung tersebut harus adanya dua kategori penting yakni makna dasar dan makna relasional. Dengan begitu, skripsi ini berupaya mencari serta menelusuri makna dasar kata Al-Bala’ kemudian makna relasionalnya dalam ayat-ayat Al-Qur’an melalui penelitian medan semantiknya. Penelitian ini bersifat kualitatif yakni dengan menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) tentunya dengan merujuk pada sumber primer dan sekunder. Kemudian, data-data yang telah dikumpulkan dari beragam sumber tersebut ditelaah dan diseleksi yang kemudian direlasikan dan diinterpretasikan sesuai dengan konteks yang dibahas. Setelah itu, data dianalisa dengan metode content analysis. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan bahwa Al-Bala’ dalam Al-Qur’an dengan berbagai derivasinya ditemukan 37 kali dalam 27 bentuk kata yang tersebar dalam 25 surah. Makna dasar kata Al-Bala’ yakni ujian atau cobaan. Sedangkan makna relasionalnya didapatkan ketika disandingkan dengan medan semantiknya yakni hasana yang memiliki arti ujian berupa kemenangan, nikmat, kesenangan, amwȃl ialah ujian yang dikhususkan untuk menguji harta benda, ahsanu ‘amalȃ ialah ujian untuk mengetahui siapa yang terbaik amalnya, ‘azȃb ialah berupa siksaan yang sangat pedih dari Allah Swt., shȃbirȋn ialah ujian untuk menguji kesabaran umat manusia dan lain sebagainya. Selain itu, Al-Bala’ memiliki makna yang lain diantaranya nikmat, kemenangan, azab, pembalasan, kebinasaan, dan kenampakkan. Sehingga penggunaan kata Al-Bala’ dalam Al-Qur’an tidak hanya berkonotasikan dengan ujian yang bersifat negatif seperti keburukan, penderitaan, kecelakaan dan lain sebagainya, akan tetapi Al-Bala’ juga ada yang bersifat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis semantik; makna kata Al-Bala'; Tafsir Al-Qur'an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ade Lela Layinul Qolbiyah
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:14
Last Modified: 24 Jul 2019 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22161

Actions (login required)

View Item View Item