Pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTA): Penelitian quasi eksperimen di SMPN 56 Bandung Kelas VII Semester Genap

Aswari, Tria Juliyanti (2019) Pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTA): Penelitian quasi eksperimen di SMPN 56 Bandung Kelas VII Semester Genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu kemampuan sebagian siswa dalam membaca Al-Qur’an masih rendah dibuktikan dengan nilai yang masih dibawah KKM, juga ditandai dengan siswa-siswanya ada yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, tidak bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah sehingga pelafalannya dan pengucapannya pun masih salah, siswa kurang memahami tajwid, waqaf, maupun makharijul hurufnya. Penyebab dari fenomena diatas yaitu guru masih belum memberikan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, salahsatunya adalah metode Yanbu’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa, (2) kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode Yanbu’a, dan (3) pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satunya metode yang tepat, termasuk metode Yanbu’a. Atas dasar itu peneliti memilih metode Yanbu’a untuk memudahkan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan dasar atau pokok yang dianggap fatal. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment one group pretest posttest design. Desain ini terdiri dari satu kelas eksperiment untuk pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan inklusi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan test. Analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Penerapan metode Yanbu’a berjalan sangat baik sesuai dengan tahapannya. Dibuktikan dengan hasil rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan pertama sebesar 76,5%, pertemuan kedua sebesar 88,3%, dan pertemuan ketiga sebesar 95,3%. 2) Kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Yanbu’a mengalami peningkatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,1 dan 64,83 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis data uji normalitas Xhitung < Xtabel yaitu pretest 3,61 < 7,81, posttest 2,86 < 7,81dan pretest 3,29 < 7,81, posttest 4,65 < 7,81 artinya data berdistribusi normal. Analisis data uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,51 < 1,87dan 1,23 < 1,87 artinya data menunjukkan homogen. 3) Pengaruh penggunaan metode Yanbu’a diperoleh hasil dengan angka sebesar 22% dan 9% termasuk pada kategori rendah. Hasil uji regresi linier didapat Y=18,51+0,77X dan Y=38,84+0,45. Analisis data uji hipotesis didapatkan Thitung > Ttabel yaitu 6,76 > 2,04 dan 7,92 > 2,04 artinya H1 diterima secara signifikan terdapat peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an setelah menggunakan metode Yanbu’a. Analisis data uji N-Gain menunjukkan perhitungan rata-rata baca tulis Al-Qur’an mendapatkan hasil rata-rata pretest 64,9, posttest 68,1, N-Gain 0,09 dan pretest 54,5, posttest 64,83, N-Gain 0,22.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Variabel X (Penggunaan Metode Yanbu’a); Variabel Y (Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tria Juliyanti Aswari
Date Deposited: 23 Jul 2019 06:41
Last Modified: 23 Jul 2019 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

View Item View Item