Pengaruh simpanan Mudharabah dan pembiayaan Mudharabah terhadap laba operasional di PT. Bank Jabar Banten Syari’ah tbk periode 2012-2014

Alamah, Nurbeti (2016) Pengaruh simpanan Mudharabah dan pembiayaan Mudharabah terhadap laba operasional di PT. Bank Jabar Banten Syari’ah tbk periode 2012-2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh simpanan mudharabah dan pembiayaan mudharabah pada bank syariah. Bank syariah merupakan lembaga keuangan dengan prinsip syariah menghimpun dana dari nasabah, dimana dana tersebut dapat dikelola oleh pihak bank dengan memberikan pembiayaan kepada para debitur, sehingga bank menerima nisbah bagi hasil atas pembiayaan dan bank memberikan nisbah bagi hasil kepada para nasabah yang melakukan simpanan berupa deposito dan tabungan. Bank sebagai intermedialy perantara antara nasabah yang kelebihan dana dengan nasabah yang kekurangan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simpanan mudharabah terhadap laba operasional, mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap laba operasional dan mengetahui pengaruh simpanan mudharabah dan pembiayaan mudharabah terhadap laba operasional di PT. Bank Jabar Banten Syariah dari tahun 2012-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang dipublikasikan oleh PT. Bank Jabar Banten Syariah, Tbk per-triwulan 2012-2014. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpanan mudharabah dan pembiayaan mudharabah sedangkan laba operasional sebagai variabel dependent. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier ganda, korelasi pearson product moment, korelasi ganda, korelasi determinasi dan pengujian hipotesis (uji-t dan uji-F). Hasil analisa data diolah dengan software SPSS version 16. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa simpanan mudharabah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap laba operasional sebesar 15,7%. Dan pembiayaan mudharabah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap laba operasional sebesar 5,7%. Begitupun secara simultan simpanan mudharabah dan pembiayaan mudharabah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap laba operasional PT. Bank Jabar Banten Syariah Tbk. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjused R Square adalah 15,9%, hal ini berarti 15,9% besarnya laba operasional dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel yang berpengaruh terhadap laba operasional. Sedangkan sisanya sebesar 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpanan Mudharabah; Pembiayaan Mudharabah; Laba Operasional; Bank Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:19
Last Modified: 04 Feb 2020 08:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item View Item