Penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ pengaruhnya terhadap hasil belajar baca tulis Al-Quran: Penelitian pada siswa kelas XI RPL 1 & 2 SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung

Pratama, Yegi Rizki (2019) Penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ pengaruhnya terhadap hasil belajar baca tulis Al-Quran: Penelitian pada siswa kelas XI RPL 1 & 2 SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung ada mata pelajaran BTQ yang proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran umum. Peneliti mencoba akan menerapkan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ yang diasumsikan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Baca Tulis Al-Quran, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana proses penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ? Bagaimana hasil belajar setelah menggunakan metode Al-Barqy? Bagaimana pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ. 2) Hasil belajar BTQ setelah menggunakan metode Al-Barqy. 3) Pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ. Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode Al-Barqy diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Quran karena metode Al-Barqy ini sangat praktis digunakan untuk semua umur. Selain itu, metode Al-Barqy ini tidak memberikan efek kejenuhan karena sangat fleksibel dan variatif, juga sudah diteliti dan dibandingkan dengan metode pembelajaran Al-Quran yang lainnya oleh Departemen Agama Republik Indonesia dan dinyatakan sebagai metode yang paling mudah dan efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik dan analisis pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Proses penerapan metode Al-Barqy dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 74,99 % termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil belajar BTQ setelah menggunakan metode Al-Barqy memiliki nilai rata-rata sebesar 79,40 termasuk dalam kategori sedang. 3) Pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ memiliki skor N-Gain 0,60 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penghitungan data hasil belajar diperoleh nilai thitung 8,55 dan nilai ttabel 2,68. Karena nilai thitung (8,55) > nilai ttabel (2,68), maka Ho ditolak. Artinya hasil belajar antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Barqy memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar BTQ di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Al-Barqy; Hasil Belajar; BTQ;
Subjects: Education, Research
Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yegi Rizki Pratama
Date Deposited: 23 Jul 2019 08:17
Last Modified: 23 Jul 2019 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22037

Actions (login required)

View Item View Item