Implementasi Wara' pada remaja untuk mengembangkan kedisiplinan diri (Al-Intizham): Studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Harapan Kita Ujungberung Kota Bandung

Maulana, Agus Endang (2019) Implementasi Wara' pada remaja untuk mengembangkan kedisiplinan diri (Al-Intizham): Studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Harapan Kita Ujungberung Kota Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf

Download (919kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8-bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Secara sederhana wara’ berarti sikap kehati-hatian yang tinggi. Sikap kehati-hatian tersebut akan menimbulkan kedisplinan yang tinggi, baik disiplin terhadap diri sendiri, disiplin terhadap sesama manusia, maupun disiplin terhadap Tuhan. Sikap wara’ ini penting tertanam pada diri setiap manusia, terutama pada remaja yang mulai dihadapkan dengan berbagai tuntutan dan tekanan sebagai upaya mempertahankan diri dilingkungan sekitarnya. Apalagi remaja yang tinggal di asrama yang jauah dari pantauan kedua orangtuanya, sehingga ia dituntut mampu menjaga dirinya sesuai aturan lingkungan sekitar terutama aturan agama. Kendati demikian, tidak sedikit remaja yang kurang mampu mengendalikan dirinya, seperti perilaku mengabaikan pelajaran (kurang disiplin), sikap agresif dan egois, terjerumusnya pada pergaulan bebas, berkurangnya minat mempelajari agama, dan lain sebagainya. Hal ini menampakan perilaku yang kurang baik. Tatkala kepribadian tersebut tidak di perbaiki maka tidak heran kalau remaja akan kehilangan hak terhadap dirinya sendiri, hak terhadap sesama manusia, bahkan hak kepada Tuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi wara’ pada remaja di LKSA Harapan Kita. Serta untuk mengetahui pengaruh implementasi wara’ terhadap pengembangan kedisiplinan diri pada remaja di LKSA Harapan Kita. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan kepada kekuatan pada analisis data yang diperoleh, melalui observasi langsung kelapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dari sumber informasi berupa kata-kata interpretasi yang bersifat alamiah dan naturalistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses implementasi wara’ pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Harapan Kita ini meliputi pembiasaan shalat berjamaah, mengikuti pengajian/pembinaan, pembiasaan merawat lingkungan bersama-sama, serta pembiasaan menggunakan kata-kata yang sopan. Hasil yang dicapai setelah penerapan wara’ terlihat perubahan pada kedisiplinan remaja di LKSA Harapan Kita. Yang ditunjukan dengan disiplin dalam menggunakan barang milik pribadi dang milik oranglain, disiplin dalam memanfaatkan waktu belajar dan waktu beribadah, disiplin untuk merawat lingkungan sekitar, disiplin terhadap aturan yang berlaku, serta disiplin dalam menggunakan lisan dengan bahasa yang baik dan sopan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: wara;disiplin diri;remaja
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: AGUS ENDANG MAULANA
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:56
Last Modified: 22 Jul 2019 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item View Item