Hubungan antara Peer Attachment dengan Coping Stress pada Remaja Putri Kelas XI Di SMA X

Amatullah, Nida Nur Afifah (2018) Hubungan antara Peer Attachment dengan Coping Stress pada Remaja Putri Kelas XI Di SMA X. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan salah satu tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus kehidupan manusia. Pada masa tersebut seseorang akan lebih banyak mengalami permasalahan maupun konflik dalam kehidupannya. Khususnya remaja putri, yang cenderung lebih menggunakan emosi-emosinya ketika menghadapi masalah. Adanya figur attachment pada teman dekatnya memberikan pengaruh untuk dapat memudahkan dalam mencari penyelesaian terhadap masalah yang sedang dihadapi. Banyaknya permasalahan pada remaja yang membuat mereka harus bisa memiliki kemampuan coping stress, menarik peneliti untuk dapat mencari tahu lebih dalam terkait kemampuan coping stress pada remaja putri. Berdasarkan masalah-masalah yang telah di uraikan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peer attachment dengan coping stress pada remaja putri kelas XI di SMA “X”. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif desain korelasional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 167 orang. Alat ukur yang digunakan berupa skala peer attachment dan skala coping stress yang berbentuk skala likert. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh 24.55% siswi yang memiliki kriteria hubungan peer attachment tinggi dan kemampuan coping stress tinggi, 26.95% siswi yang memiliki kriteria hubungan peer attachment tinggi dan kemampuan coping stress rendah, 26.35% siswi yang memiliki kriteria hubungan peer attachment rendah dan kemampuan coping stress, dan 22.16% siswi yang memiliki kriteria hubungan peer attachment rendah dan kemampuan coping stress rendah. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji korelasi rank spearman, diperoleh koefisien korelasi antara peer attachment dengan coping stress sebesar -0.067 angka tersebut menunjukkan adanya hubungan yang sangat rendah bahkan bisa dikatakan tidak ada hubungan dalam dua variabel tersebut, serta tidak signifikan dan tanda negatif yang berarti hubungannya tidak searah. Secara statistik dengan signifikansi P value > α yakni 0.386 > 0.05 menunjukkan H0 diterima dan H1 ditolak. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara peer attachment dengan coping stress pada remaja putri kelas XI di SMA “X”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peer Attachment;Coping Stress;Remaja Putri;Siswi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Differential and Developmental Psychology > Stress
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Nida Nur Afifah Amatullah
Date Deposited: 26 Jul 2019 09:17
Last Modified: 26 Jul 2019 09:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item