Etika menuntut ilmu perspektif Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah As – Sadhan di dalam Kitab Ma’a ̃lim Fi ̃ Thori ̃q Tholab Al ‘ilm: Analisis etika menuntut ilmu kepada diri Sendiri, Di Mesjid, Di Rumah, Dan Di Masyarakat

Arrizki, Ahmad Irfan (2019) Etika menuntut ilmu perspektif Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah As – Sadhan di dalam Kitab Ma’a ̃lim Fi ̃ Thori ̃q Tholab Al ‘ilm: Analisis etika menuntut ilmu kepada diri Sendiri, Di Mesjid, Di Rumah, Dan Di Masyarakat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER-dikonversi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 2-dikonversi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS12-dikonversi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I u-dikonversi.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II u-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III u-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV u-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V u-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA u-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini, etika harus benar dimiliki oleh setiap orang khususnya penuntut ilmu sebagai modal utama moralitas, menuntut manusia berbuat baik, etika menuntut ilmu di dalam Kitab Ma’a ̌lim Fi ̌ Thori ̌q Tholab Al – ‘Ilm mencontoh para ulama salafu sholeh ketika mereka menuntut ilmu, dan sekarang jarang sekali para penuntut ilmu meniru para ulama salafu ketika mereka belajar dan para penuntut ilmu lebih mengidolakan para artis, birokrat dan politis. Dalam proses modeling tersebut banyak sekali yang tidak berjalan, di akibatkan para modeling tersebut berprilaku moral yang tidak baik. Sehingga moralitas para penuntut ilmu rusak ketika mereka di luar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika menuntut ilmu perspektif Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdulah As – Sadhan pasal etika menuntut ilmu kepada diri sendiri, etika menuntut ilmu di mesjid, etika menuntut ilmu di rumah, dan etika menuntut ilmu masyarakat, dan tinjauan dengan ilmu pendidikan Islam (IPI) melalui; tujuan; materi; metode; dan evaluasi. Penelitian ini di dasarkan pada pemikiran bahwa seseorang yang disebut penuntut ilmu haruslah memiliki etika atau adab menuntut ilmu sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak keluar dari jalur etika atau rambu rambu yang telah ditentukan dan mencontoh para ulama salafu sholeh ketika mereka mencari ilmu dan mengamalkan ilmu dan etika mereka sebagai penunutut ilmu ketika diluar. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis konten dan data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan data yang lainnya sebagai penunjang. Data kualitatif berupa kata kata dan tertulis diperoleh melalui analisis kitab dan buku, dan tunjang sama buku buku yang lain. Analisis data dilakukan dengan cara unitasi data, kategoritasi data dan penafsiran data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Etika Menuntut Ilmu Perspektif Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdulah As – Sadhan Kitab Ma’a ̌lim Fi ̌ Thori ̌q Tholab Al – ‘Ilm Pasal Etika Menuntut Ilmu Kepada Diri Sendiri, Di Mesjid, Di Rumah, Dan Di Masyarakat dirumuskan melalui biografi syeh Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdulah As – Sadhan, isi dari etika menuntut ilmu di dalam Kitab Ma’a ̌lim Fi ̌ Thori ̌q Tholab Al – ‘Ilm pada pasal etika menuntut ilmu kepada diri sendiri, etika menuntut ilmu di mesjid, etika menuntut ilmu di rumah, dan etika menuntut ilmu di masyarakat. Kemudian dari ke empat pasal tadi di tinjau berdasarkan ilmu pendidikan islam (IPI) melalui; tujuan; materi; metode; dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika menuntut ilmu; Kitab Ma’a ̃lim Fi ̃ Thori ̃q Tholab Al ‘ilm;
Subjects: Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ahmad irfan arrizki
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:41
Last Modified: 17 Jul 2019 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item