Penerapan model pembelajaran Habit Forming (Pembiasaan) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Qur’an Hadits: Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV MIS Plus Darul Hufadz kabupaten Sumedang

Fatimah, Siti (2019) Penerapan model pembelajaran Habit Forming (Pembiasaan) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Qur’an Hadits: Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV MIS Plus Darul Hufadz kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa pada pembelajaran Qur’an Hadits sebelum menggunakan model habit forming, proses penerapan model habit forming ,dan hasil pemahaman belajar siswa setelah menggunakan model habit forming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat dua tindakan, tahapannya melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya 30 orang siswa perempuan. Rumusan masalah yang ditemukan adalah model yang digunakan guru hanya model teacher centered learning, pelaksanaan metode ceramah dengan langkah-langkah yang belum maksimal sehingga pembelajaran yang berlangsung terasa monoton, sebagian siswa ada yang mengalihkan perhatiannya pada alat-alat sekitar bahkan teman sebangkunya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemahaman siswa sebelum diterapkan model habit forming masih di bawah KKM (67), hal ini terlihat dari hasil rata-rata belajar sebesar 61,43. Proses pembelajaran model habit forming terlaksana dengan baik, terlihat dari aktivitas guru dengan rata-rata siklus I 80,9% dan hasilnya meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,4%. Hasil belajar setelah diterapkan model habit forming diperoleh dari rata-rata pada siklus I 66,13 dan siklus II meningkat menjadi 77,63. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model habit forming dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Habit Forming; Model Pembelajaran; Pemahaman.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 17 Jul 2019 08:08
Last Modified: 17 Jul 2019 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item