Pengaruh Person-Organization Fit (P-O Fit) dan karakteristik individu terhadap komitmen organisasi: Studi kasus pada organisasi ekstra PMII Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung Angkatan 2018

Rahmawati, Rahmawati (2019) Pengaruh Person-Organization Fit (P-O Fit) dan karakteristik individu terhadap komitmen organisasi: Studi kasus pada organisasi ekstra PMII Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung Angkatan 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang paling berharga yang dimiliki setiap organisasi, dimana sumber daya manusia dapat mendukung hampir seluruh kegiatan yang ada di organisasi, oleh karena itu sangat penting memelihara sumber daya manusia sebaik-baiknya, salah satu hal yang penting yang harus diperhatian organisasi adalah komitmen organisasi dengan melihat kesesuaian nilai anggota dengan organisasi serta karakteristik individunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Person-Organization Fit (P-O Fit) dan Karakteristik Individu Terhadap Komitmen Organisasi (Studi Kasus Pada Anggota Organisasi Ekstra PMII Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung Angkatan 2018). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu menggunakan kuesioner yang diisi oleh para responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Anggota Organisasi Ekstra PMII Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung Angkatan 2018 yang berjumlah 280 orang. Sampel dalam penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Person-Organization Fit (P-O Fit) dan Karakteristik Individu sedangkan variabel terikat adalah Komitmen Organisasi. Metode yang digunakan adalah teknik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis yang didalamnya ada uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F, lalu uji koefesien determinasi (R2). Hasil uji regresi linier berganda diketahui hasil uji parsial (uji t) untuk variabel Person-Ogranization Fit (P-O Fit) terhadap komitmen organisasi diketahui t hitung sebesar 3,855 dengan t tabel diketahui sebesar 1,654. Kemudian hasil uji parsial (uji t) untuk variabel karakteristik individu terhadap komitmen organisasi diketahui t hitung sebesar 4,942 dengan t tabel diketahui sebesar 1,654. Selanjutnya hasil uji simultan (Uji F) untuk variabel Person-Oranization Fit (P-O Fit) dan karakteristik individu secara simultasn terhadap komitmen organisasi diketahui F hitung sebesar 49,183 dan F tabel sebesar 3,05, maka Person-Organization Fit (P-O Fit) dan karakteristik individu secara simultasn berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Untuk hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui dengan hasil 0,378, maka kontribusi secara simultan kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 37,8% dan sisanya 62,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Person-Organization Fit (P-O Fit);Karakteristik Individu;dan Komitmen Organisasi.
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 18 Jul 2019 03:12
Last Modified: 18 Jul 2019 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21861

Actions (login required)

View Item View Item