Ashabul A'raf dalam Al-Qur'an: Studi komparatif pada tafsir Mafatih Al-Gahaib Dan tafsir Al-Mizan

Hadi, Martiyas Khairi (2019) Ashabul A'raf dalam Al-Qur'an: Studi komparatif pada tafsir Mafatih Al-Gahaib Dan tafsir Al-Mizan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Martiyas Khairi Hadi : Ashabul A’raf dalam al-Qur’an (Studi Komparatif Pada Tafsir Mafatih al-Ghaib dan Tafsir al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an) Mayoritas masyarakat muslim hanya mengetahui jika di akhirat nanti hanya ada surga dan neraka saja, namun ternyata ada sebuah tempat lain dan nama tempat tersebut diabadikan dengan nama surat dalam al-quran yaitu al-A’raf. Tempat ini disediakan bagi ashabul a’raf, tidak banyak informasi tentang mereka ini. Ada yang menyebutkan jika mereka adalah orang-orang yang amal kebaikan dan keburukannya seimbang, serta ada juga yang berpendapat jika mereka adalah orang-orang pilihan Allah Swt. dengan kemuliaan yang mereka miliki. Untuk mengetahui siapa mereka yang disebut dengan ashabul a’raf tentu membutuhkan penafsiran, tafsir merupakan sebuah hasil interpretasi, penjelasan dan pemahaman seorang mufassir terhadap ayat-ayat al-quran yang sangat terkait dengan konteks sosio-kultural, ideology, serta latar belakang keilmuan. Dari latar belakang diatas, muncul sebuah permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini, yaitu bagaimana penafsiran ashabul a’raf dalam al-quran menurut Fakhruddin al-Razi dan Thabathaba’i. Metode yang dipakai dalam penulisan penelitian ini adalah metode muqarran atau komparatif, yaitu sebuah metode yang dalam menjelaskan ayat-ayat al-quran dengan membandingkan antara ayat al-quran dengan hadits, atau membandingkan antara pendapat satu tokoh mufassir dengan tokoh lainnya dalam satu atau beberapa ayat yang ditafsirkan, atau membandingkan al-quran dengan kitab suci yang lain. Dengan metode perbandingan ini maka akan tampak sisi persamaan dan perbedaan, mengapa sama dan mengapa berbeda. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan al-a’raf dan siapa mereka yang dimaksud dengan ashabul ‘raf, bagaimana sifat dan karakteristik serta status mereka ketika berada diatas al-a’raf. Hasil dari penelitian ini menyimpilkan, bahwa yang dimaksud dengan al-a’raf oleh al-Razi dan Thabathaba’i ialah sebuah tempat tertinggi yang berada diatas tembok pembatas antara surga dan neraka, al-a’raf adalah sebuah tempat yang kekal seperti halnya surga dan neraka. Sedangkan dalam menafsirkan ashabul a’raf, al-Razi berpendapat jika mereka adalah orang-orang yang amal kebaikan dan keburukannya seimbang, mereka ditempatkan diatas al-a’raf hanya untuk persinggahan yang pada akhirnya mereka akan masuk kedalam surga dengan izin dari Allah Swt. Dilain sisi, Thabathaba’i berpendapat jika mereka adalah orang-orang pilihan Allah Swt. yang memiliki kemuliaan, mereka kekal berada diatas al-a’raf karena mereka bukan penghuni surga maupun penghuni neraka, mereka adalah penghuni a’raf dengan semua kemuliaan yang mereka miliki diatasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ashabul A'raf; tafsir; Mafatih Al-Gahaib; Al-Mizan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: hadi martiyas hadi
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:01
Last Modified: 16 Jul 2019 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item