Pengaruh Fixed Assets Turnover (FATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Ultra Jaya Tbk periode 2008-2018

Ginanjar, Muhamad (2019) Pengaruh Fixed Assets Turnover (FATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Ultra Jaya Tbk periode 2008-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas dapat dijadikan sebagai tolak ukur seberapa efektif kinerja perusahaan dilihat dari keuntungan yang diperoleh dibandingkan dengan hasil penjualan dan investasi perusahaan. Salah satu cara untuk mengetahui profitabilitas perusahaan dengan menganalisis rasio keuangan salah satunya melalui rasio Return on Assets, terdapat faktor yang mempengaruhi Return on Assets diantaranya adalah Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover. Fixed Assets Turnover digunakan untuk mengukur seberapa efisien aset tetap yang dimiliki perusahaan dalam menghasilkan penjualan. Working Capital Turnover digunakan untuk mengukur seberapa efisien modal kerja yang dimiliki perusahaan dalam menghasilkan penjualan. Apabila Fixed Assets Turnover naik maka berbanding lurus dengan kenaikan Return On Assets. begitupun Working Capital Turnover naik berbanding lurus dengan kenaikan Return On Assets. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Fixed Assets Turnover secara parsial terhadap Return on Assets; 2) Pengaruh Working Capital Turnover secara parsial terhadap Return on Assets; 3) Pengaruh Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover secara simultan terhadap Return on Assets pada PT. Ultra Jaya Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 20. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Annual Report PT. Ultra Jaya Tbk. Berdasarkan hasil penelitian. Peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Fixed Assets Turnover di PT. Ultra Jaya Tbk secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return on Assets, dengan koefisien determinasi sebesar 26%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 1.778 ≤ 2.262 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Working Capital Turnover di PT. Ultra Jaya Tbk secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return on Assets dengan koefisien determinasi sebesar 30.8%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai -2.001 ≤ 2.262 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Secara simultan, Fixed Assets Turnover dan Working Capital Turnover di PT. Ultra Jaya Tbk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return on Assets dengan nilai koefisien determinasi sebesar 34.3% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung < Ftabel dengan nilai 2.087 ≤ 4.46. maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fixed Assets Turnover (FATO); Working Capital Turnover (WCTO); Return On Assets (ROA);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Ginanjar
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:42
Last Modified: 25 Jul 2019 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item