Hubungan aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) dengan kualitas keagamaan mereka di Sekolah: Penelitian dilakukan terhadap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler FIS di SMAN 16 Bandung

Taqwana, Indah Syarofa (2019) Hubungan aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) dengan kualitas keagamaan mereka di Sekolah: Penelitian dilakukan terhadap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler FIS di SMAN 16 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas keagamaan siswa yang ada di sekolah SMAN 16 Bandung, adapun yang menjadi faktor penyebabnya itu adalah kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang ada di sekolah. Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan di sekolah, di peroleh informasi bahwa siswa banyak yang tidak mengikuti kegiatan keagaamaan di sekolah terlebih pada shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaan, disisi lain di peroleh informasi dengan adanya ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) yang mendorong dan memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan itu. Sehingga terjadi kesenjangan, yaitu di satu sisi pengaruh aktivitas FIS (Forum Islamic Student) itu tinggi akan tetapi disisi lain kegiatan keagamaan siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa ekstrakurikuler Lingkung Keagamaan SMAN 16 Bandung, mengetahui kualitas keagamaan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) di Lingkung Keagamaan SMAN 16 Bandung di sekolah, mengetahui hubungan antara aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) Lingkung Keagamaan SMAN 16 Bandung dengan kualitas keagamaan mereka di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada proses kegiatan atau aktivitas siswa mengikuti ektrakurikuler keagaman, sebagai suatu proses untuk meningkatkan kualitas atau tingkat keberagamaan siswa. Oleh sebab itu hipotesis yang dijukan adalah Semakin serius siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student), maka semakin baik kualitas keagamaanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan hasil penelitian sebagaimana data yang diperoleh. Data Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil anasilis data di peroleh kesimpulan. (1) Realitas aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler FIS (forum islamic student) di SMAN 16 Bandung (variabel X) diperoleh 3,41 nilai tersebut termasuk kategori cukup. (2) Realitas kualitas keagamaan siswa yang mengikuti ektrakurikuler di SMAN 16 Bandung (variabel Y) diperoleh 3,86 nilai tersebut termasuk kategori tinggi. (3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler FIS (forum islamic student) dengan kualitas keagamaan mereka, ditunjukan oleh angaka koefisien 0,47, termasuk korelasi kategori sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji koefisiesn korelasi menunjukan t_hitung (2,83) > t_tabel (1,7011) di artikan bahwa hipoteis diterima. sedangkan Koefisien determinasi kadar pengaruhnya 12% artinya masih terdapat 88% faktor lain yang mempengaruhi kualitas keagamaan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler; Kualitas Keagamaan;
Subjects: Islam
Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Education > Organization of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Syarofa Taqwana
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:07
Last Modified: 08 Jul 2019 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21563

Actions (login required)

View Item View Item