Perubahan gejala penyakit Parkinson pada Drosophila melanogaster dengan perlakuan Microgreens kubis merah (Brassica oleracea var. Capitata) dan Paraquat”

Syafira, Mutia (2019) Perubahan gejala penyakit Parkinson pada Drosophila melanogaster dengan perlakuan Microgreens kubis merah (Brassica oleracea var. Capitata) dan Paraquat”. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover mutia.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Microgreens kubis merah (Brassica oleracea var. Capitata) mempunyai kandungan antioksidan yang sangat kuat yaitu sepuluh kali lipat dari tumbuhan dewasanya hal tersebut berpotensi sebagai pencegahan atau penurunan adanya apoptosis pada sel salah satunya yaitu sel neuron, hingga menyebabkan terjadinya gejala penyakit Parkinson. Dengan timbulnya gangguan akibat kurangnya produksi dopamin yang terletak pada otak bagian tengah substantia nigra yang terjadi karena adanya kerusakan bahkan kamatian sel yang berfungsi sebagai penghasil sel domaminergik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ekstrak microgreens kubis merah terhadap kelulusan hidup, gerak lokomotor, kadar malondialdehid (MDA) dan kadar dopamin dari penyakit Parkinson pada lalat buah (Drosophila melanogaster) yang diinduksi paraquat serta untuk mengetahui aktivitas kekuatan antioksidan dan kandungan senyawa polifenol total, klorofil dan karotenoid pada ekstrak microgreens kubis merah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan, yaitu tanpa perlakuan/kontrol (P0), perlakuan paraquat 3,5 mM (P1), perlakuan ekstrak microgreens kubis merah 120 µg/mL (P2), dan perlakuan paraquat 3,5 mL + ekstrak microgreens kubis merah 200 µg/mL (P3). Hasil dari pengujian kekuatan antioksidan ekstrak microgreens kubis merah didapatkan IC50 sebesar 33,845 µg/mL yang bersifat sangat kuat dan kadar polifenol total sebesar 305,78 mg GAE/g ekstrak, kadar klorofil total sebesar 8,653 mg/g serta kadar karotenoid sebesar 14,008 µmol/g. Dari hasil pengujian kelulusan hidup pada hari terakhir pengamatan terlihat bahwa kelompok lalat buah yang tidak diberi perlakuan (kontrol) mampu menghasilkan nilai tertinggi sebesar 97,77% yang diikuti perlakuan ekstrak microgreens kubis merah sebesar 94,44%, sedangkan kelulusan hidup terendah didapatkan pada lalat buah yang mendapatkan perlakuan paraquat sebesar 56,66%. Begitupun, gerak lokomotor yang diukur dari kemampuan memanjat/geotaksis negatif terlihat bahwa lalat buah yang tidak mendapat perlakuan/kontrol mampu menghasilkan nilai tertinggi sebesar 96,66% diikuti perlakuan ekstrak microgreens kubis merah sebesar 100%, sedangkan gerak lokomotor terendah didapatkan pada lalat buah yang mendapat perlakuan paraquat sebesar 73,33%. Adapun kadar Malondialdehid tertinggi diperoleh pada lalat buah yang mendapat perlakuan paraquat sebesar 14,16 nMol/mL sedangkan terendah pada lalat buah yang mendapat perlakuan ekstrak microgreens kubis merah sebesar 11,42 nMol/mL. Kemudian data menunjukkan perlakuan ekstrak microgreens kubis merah juga mampu menghasilkan kadar dopamin tertinggi sebesar 0,10 dan perlakuan paraquat menghasilkan kadar dopamin terendah sebesar 0,03. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak microgreens kubis merah dapat berperan sebagai neuroprotektif terhadap penyakit Parkinson yang diinduksi paraquat pada lalat buah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Parkinson; Mikrogreens; Drosophila melanogaster
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Physiology
Physiology > Tissue Biology and Regional Physiology
Physiology > Cell Biologi, Cytology
Genetics > Population Genetics
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Mutia Syafira
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:55
Last Modified: 08 Jul 2019 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item